5 Hadist soal Pentingnya Berbakti pada Ayah dan Ibu

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 23 Des 2019 05:30 WIB
ilustrasi 5 hadits berbakti kepada ayah dan ibu (Foto: iStock)
Jakarta -

Birul Walidain atau berbakti pada orang tua, ayah dan ibu sudah selayaknya dilakukan semua anak. Setiap anak tentu ingin melaksanakan kewajiban tersebut dengan baik.

Namun, ada saja godaan anak untuk tak memenuhi kewajiban tersebut. Misalnya saat anak mengalami konflik dengan orang tua. Gejolak emosi kerap mengakibatkan anak ingin berkata kasar atau melakukan hal yang mungkin tidak disukai orang tua.



Ketika momen itu terjadi, ada baiknya kembali membaca 5 hadist ini. Hadist ini bisa mengingatkan kembali pentingnya berbakti dan memperlakukan orang tua dengan baik.

1. Surga di telapak kaki ibu

Hadist ini mengingatkan selalu menghormati, mencintai, dan berbakti pada ibu. Beberapa hadist lain juga mengingatkan hal serupa

"Bahwasannya ia (Mu'awiyah bin Jahimah) datang kepada Nabi saw., lalu ia berkata, "Wahai Rasulullah, aku ingin berperang, dan aku datang untuk meminta petunjukmu." Nabi saw. bersabda, "Apakah engkau memiliki ibu?", "Iya" "Menetaplah dengannya, karena sungguh surga di bawah kedua kakinya." (HR. Ibnu Majah, An-Nasa'i, Ahmad, Ath-Thabarani).

2. Nama Ibu disebut sampai tiga kali

Dalam hadits ini, pentingnya berbakti pada ibu disebutkan sampai tiga kali. Berbakti pada ayah memang hanya disebutkan sekali, namun bukan berarti tidak lebih penting dibandingkan ibu.

"Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu.'" (HR. Bukhari dan Muslim)




Selanjutnya
Halaman
1 2