Bunga Langka Rhizanthes Lowii Ditemukan di Danau Maninjau Sumbar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 10:44 WIB
Bunga Langka Rhizanthes Lowii Ditemukan di Danau Maninjau, Sumbar (Antara Foto)
Padang - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menemukan bunga langka jenis Rhizanthes lowii di kawasan Danau Maninjau. Bunga itu ditemukan tepatnya di Kubuak, Kecamatan Matur, Resor Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam Ade Putra mengatakan petugas balai konservasi menemukan puluhan knop bunga Rhizanthes lowii dengan berbagai ukuran. Bunga-bunga itu, menurutnya, sedang dalam kondisi mekar yang sempurna.

"Kami juga menemukan bunga Rhizanthes lowii setelah fase mekar sempurna beberapa minggu lalu, karena kelopak bunga sudah berwarna hitam. Di sekitar lokasi kita juga menemukan bunga bangkai jenis Amorphophallus variabilis enam vegetatif dan dua sedang mekar sempurna," kata Ade, yang dikutip dari Antara, Minggu (22/12/2019).



Menurut dia, petugas balai konservasi menemukan bunga Rhizanthes lowii, yang sebagaimana bunga Rafflesia, termasuk dalam famili Rafflesiaceae, saat menelusuri hutan lindung di sekitar Danau Maninjau untuk mencari keberadaan bunga Rafflesia setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar. Saat menelusuri hutan lindung itu, petugas BKSDA Resor Agam menemukan knop bunga langka yang tumbuh pada akar tanaman.

"Ini penemuan ketiga kami," kata Ade Putra.


Selanjutnya
Halaman
1 2