Targetkan Medan Bebas Banjir Tahun 2022, Gubsu Edy: Mari Jaga Alam

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 09:22 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi saat melakukan deklarasi Medan bebas banjir tahun 2022. (Foto: Ahmad Arfah/detikcom)
Medan - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menargetkan Kota Medan akan bebas banjir pada tahun 2022. Edy pun mengajak masyarakat menjaga alam untuk mencapai target tersebut.

"Mari kita jaga alam ini, sehingga alam akan menjaga kita. Sungai merupakan sumber kehidupan, kita niatkan bahwa kita akan menjaga sungai," ujar Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (22/12/2019).



Edy mengatakan, dalam rangka mencapai target itu, Pemprov Sumut akan memindahkan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Pihaknya akan segera mempersiapkan relokasi tersebut.

"Ke depan saudara-saudara kami akan menyiapkan, kami tidak mau menyengsarakan rakyat-rakyat kita, yang di bantaran sungai ini akan kita siapkan nanti pemindahan-pemindahan," katanya.



Dia juga mengatakan, untuk mengurangi risiko banjir dari luapan sungai, pihaknya juga akan melestarikan sungai-sungai di Sumut. "Kita mengurangi risiko ancaman yang diakibatkan oleh sungai. Kita melestarikan sungai, 5 sungai (di Medan) dan semua sungai yang ada di Sumatera Utara akan kita lestarikan," jelas Edy.

Selain memindahkan masyarakat, akan ada juga penanaman pohon dan patroli kebersihan sungai oleh Pemprov Sumut. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemkot Medan, Balai Wilayah Sungai Medan, serta jajaran aparat keamanan dari TNI dan Polri.


Tonton juga Duh..! Gubernur Edy Sebut Wabah Demam Babi Afrika Melanda Sumut :

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)