Dengan 53 Bus, Kemenhub Berangkatkan Pemudik Disabilitas

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 17:58 WIB
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas keberangkatan para pemudik gratis yang melibatkan para penyandang disabilitas beserta pendamping dan anak anak.

Kegiatan mudik gratis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Acara pelepasan keberangkatan ini dilaksanakan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, pada Sabtu pagi yang disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bekerja sama dengan PT Jasa Raharja untuk kedua kalinya melaksanakan Mudik Gratis Natal 2019 & Tahun Baru 2020 (Nataru) dengan mengalokasikan 53 bus, mengingat pelaksanaan Mudik Gratis Nataru 2018 berjalan dengan lancar dan sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan mudik," ucap Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/12/2019).


Dengan tagline 'Mudik Bareng Guyub Rukun bersama Kemenhub & PT Jasa Raharja, lanjutnya, Kemenhub menyediakan Mudik Gratis Reguler dan Mudik Gratis Khusus Disabilitas dengan jumlah kuota Mudik Gratis Reguler tujuan Solo sebanyak 23 bus, Yogyakarta sebanyak 15 bus, Semarang sebanyak 5 bus, Boyolali sebanyak 3 bus, Purwokerto sebanyak 1 bus, Malang sebanyak 2 bus, dan Surabaya sebanyak 1 bus.

Hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, Kemenhub menyediakan kuota Mudik Gratis Khusus Disabilitas dengan tujuan Solo sebanyak 3 Bus (1 bus akses, 1 bus elf, 1 bus medium) untuk para penyandang disabilitas beserta pendampingnya.

"Pada hari ini pemberangkatan Bus Mudik Nataru 2019 dilakukan pada 5 terminal yakni Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Kalideres, dan Terminal Poris Plawad," lanjutnya.

Selain itu, dalam acara ini turut hadir Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Ia menyambut baik adanya program mudik gratis yang dilakukan Kemenhub dalam memudahkan masyarakat untuk mudik.

"Nantinya untuk mendukung kemudahan akses untuk penyandang disabilitas, kami akan melakukan revitalisasi terminal," janjinya.

Di akhir acara pelepasan mudik gratis, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah membantu program mudik gratis ini.

"Seperti pesan Menteri Perhubungan bahwa nanti pada tahun 2020 perlu adanya perubahan yang fundamental, seperti yang sudah dibahas Kadishub DKI pada tahun 2020 kami (Kemenhub) akan melakukan revitalisasi 16 terminal yang bertujuan untuk memperbaiki fasilitas dan memudahkan akses bagi penyandang disabilitas," terangnya.

Dengan adanya acara mudik gratis ini, Budi berharap agar ke depannya kegiatan mudik gratis ini dapat dilakukan di berbagai wilayah.

Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan Risal Wasal, Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Perwakilan Organisasi Angkutan Darat (Organda), Perwakilan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Inisiator Mudik Ramah Anak dan Disabilitas (MRAD) Ilma Sovri Yanti.




Tahun Baru, PT KCI Operasikan Kereta Hingga Jam 2 Malam:

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)