Tinjau Libur Natal-Tahun Baru di Merak, Kabarhakam: Tak Ada Penumpukan

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 13:16 WIB
Kabarhakam Polri paparkan kesiapan petugas menangani arus mudik Natal dan tahun baru di Merak-Bakauheni (M Iqbal/detikcom)
Cilegon - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Irjen Agus Andrianto meninjau kesiapan pengamanan pada libur Natal dan Tahun Baru 2020. Agus mengatakan tak ada penumpukan kendaraan di penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Koordinasi angkutan penyeberangan sejauh ini sudah cukup baik tidak ada penumpukan, semuanya bisa diatur dalam waktu yang cepat sesuai dengan jadwal," kata Agus usai mendengar pemaparan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Sabtu (21/12/2019).


Dia mengapresiasi koordinasi antarpihak yang berjalan cukup baik. Pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memasang alat yang dapat mendeteksi kepadatan arus lalu lintas. Apabila terjadi kepadatan, petugas akan langsung mengurai dengan sistem yang sudah ditentukan.

"Artinya ini sinergitas yang terjalin sudah cukup baik termasuk koordinasi di Bakauheni, di beberapa tempat sudah dipasang alat yang bisa mendeteksi kepadatan kendaraan tentunya ini merupakan untuk mengurai kepadatan kendaraan," ujarnya.


Terkait tingkat kerawanan di jalur mudik, polisi juga sudah mengantisipasi. Agus mengatakan petugas juga sudah memetakan tingkat kerawanan suatu daerah.

"Setiap daerah kan pasti memiliki kerawanan tertentu dan setiap daerah menyusun operasi selalu memetakan kerawanan-kerawanan daerah, tentunya setiap daerah memiliki cara bertindak sesuai kerawanannya masing-masing," tuturnya.




Simak juga video Pelabuhan Ketapang Mulai Dipadati Penumpang Jelang Hari Natal:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(jbr/jbr)