Kutuk Pengusiran Haddad Alwi, PBNU: Kami Akan Lapor Polisi

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 21 Des 2019 09:45 WIB
Foto: Instagram @abihaddadalwi

Sebelumnya, Haddad Alwi diusir dan dipaksa turun oleh sekelompok orang dari ormas di Sukabumi, Jawa Barat. Diduga, lantaran Haddad Alwi membela ulama NU KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq.

Pengacara Muannas Alaidid membantah jika dikatakan bahwa insiden pengusiran Haddad Alwi saat ceramah di Sukabumi lantaran membela ulama NU KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq. Muannas menyebut kliennya diusir lantaran ada provokator yang menuding Haddad Alwi sebagai Syiah.

"Di atas panggung dianggap dia sedang baiat Syiah. Ini berita bohong dan fitnah," tegas Muannas dalam keterangannya, Jumat (20/12/2019).



Pengusiran Haddad Alwi terjadi pada (16/12). Pengusiran Haddad Alwi viral dalam sebuah video. Haddad Alwi sempat ceramah dan dalam ceramahnya itu dia membela Gus Muwafiq yang dinilai melecehkan agama dan mengutuk orang-orang yang memusuhinya.

"Wallahi, saya sumpah ini. Saya wallahi, wallahi, mengutuk orang-orang yang mencaci maki sahabat," ucap Haddad Alwi.

Hal itu sontak mengundang keriuhan. Massa yang berpakaian serba putih memintanya turun dari panggung sambil melantunkan selawat.

"Ana (saya) diundang ke sini, ana mau sholawat. Baik, saya akan turun... saya akan turun...," kata Haddad Alwi yang sudah terdesak massa. Dia pun lantas turun dari panggung meninggalkan lokasi.
(isa/aud)