Cerita Mantan TKI Buka Bisnis Nasi Goreng hingga Gabung GrabKitchen

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 16:40 WIB
Foto: Dok. Instagram/Grab
Jakarta - Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin dicapai. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai mimpi tersebut, meski dalam perjalanannya kerap menemui kesulitan bahkan kegagalan.

Sama halnya dengan yang dialami oleh Mantan TKI Tyana yang mempunyai mimpi untuk mempunyai bisnis sendiri. Dirinya sempat menjadi TKI untuk menabung biaya kuliah, hingga akhirnya kembali ke Tanah Air. Selagi dirinya menjalankan proses pembelajaran di kampus, Tyana juga bekerja. Perjuangannya pun tidak ada hentinya.

Beberapa tahun berikutnya, setelah menikah, ia dan suaminya memutuskan untuk membuka usaha di bidang kuliner Nasi Goreng Maut Seafood. Tyana mengatakan, dahulu ketika pertama kali membuka usaha, mereka masih harus berpindah-pindah tempat alias nomaden. Sampai akhirnya dirinya dan suami bergabung dengan GrabFood.


"Dulu sebelum gabung GrabFood usaha saya itu tidak stabil, tetapi setelah saya bergabung alhamdulillah usaha saya jauh lebih stabil. Bahkan pendapatan saya meningkat dua kali lipat dari sebelumnya," ujar Tyana dikutip dari Official YouTube Channel Grab, Selasa (17/12/2019).

Setelah itu, Nasi Goreng Maut Seafood berkesempatan untuk bergabung dengan GrabKitchen. Melejit, restorannya selalu masuk top 10 di sana dengan penjualan terbanyak. Sampai akhirnya dipercaya untuk membuka cabang di GrabKitchen daerah lain.

"Ingin buka cabang dimana-mana tapi kan cuma kita mikirin harga sewa tempat, terus di lokasi mana yang tepat. GrabKitchen itu memberikan solusi, mereka itu memilihkan tempat-tempat yang strategis, tanpa kita harus membayar sewanya. Jadi kita hanya fokus pada jualan dan kualitas saja," tutur Tyana.

Menurut Tyana mewujudkan mimpi tidak cukup dengan kerja keras dan doa saja tapi sedekah juga kunci yang membawa usahanya semakin maju dan melesat. Mimpi dengan perjuangan yang panjang akhirnya sedikit demi sedikit tercapai. (prf/ega)