4 Jurus Aetra dalam Pemerataan Akses Air Bersih di Jakarta

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 15:29 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Aetra Air Jakarta (Aetra) menyelaraskan program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya dengan tujuan pemenuhan hak untuk mendapatkan akses air bersih yang merata.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (20/12/2019), Aetra mempunyai 4 pilar program CSR. Antara lain edukasi dan sanitasi air, konservasi air dan lingkungan, akses air bersih dan bantuan donasi dan bencana alam.

Pilar pertama dilakukan dengan memberikan pemahaman dan edukasi terkait proses pengolahan air bersih dengan melakukan kunjungan pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dibuka untuk kalangan pelajar, pelanggan, institusi dan pemerhati lingkungan serta kelembagaan lainnya.


Isu ini menjadi cukup penting terkait adanya fakta penurunan muka tanah (land subsidence) yang terjadi di beberapa lokasi di kota Jakarta ini. Sedangkan pilar kedua dilakukan dengan imbal jasa lingkungan.

Sebagai contoh, hal ini telah diimplementasikan Aetra dengan mengubah lahan seluas 22 hektare menjadi lahan produktif, dengan melakukan penanaman pohon berakar kuat seperti kopi, eucalyptus, suren dan sobsi di Desa Sunten Jaya, Lembang, Bandung Barat.

Lalu pilar ketiga dilakukan dengan memberikan bantuan akses air bersih bagi masyarakat yang belum mendapatkannya melalui mekanisme kios air, pemberian bantuan akses air bersih bagi korban banjir dan kebakaran, serta pembangunan 21 fasilitas Keran Air Siap Minum di berbagai lembaga.

Terakhir, pilar keempat dilakukan dengan donasi yang diberikan pada lembaga Sosial dan masyarakat melalui program sponsorship pada area-area di wilayah pelayanan Aetra dan korban bencana alam yang terjadi pada lingkup nasional.


"Hal ini bukan hanya akan memudahkan perusahaan dalam menyusun perencanaan CSR, namun yang lebih penting adalah akan memaksimalkan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan yaitu memperluas cakupan layanan masyarakat di timur Jakarta," tulis Aetra.

"Mereka yang akan menggunakan akses air bersih melalui jaringan perpipaan serta memberikan kepada masyarakat dari aspek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan seperti 4 pilar tersebut di atas," imbuhnya. (prf/ega)