BKSDA soal Jejak Binatang Buas di Pagaralam: Itu Beruang Bukan Harimau

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 11:43 WIB
Foto: Petugas pasang rambu waspada binatang buas di Pagaralam (Dok ist)
Palembang - Warga Kota Pagaralam di Sumatera Selatan kembali heboh gara-gara ditemukannya jejak binatang buas diduga harimau sumatera di Dempo Utara. BKSDA Sumatera Selatan memastikan itu bukan jejak harimau, tapi beruang.

"Sudah kami cek dan pastikan itu bukan harimau sumatera. Itu adalah beruang," terang Kasi Konservasi Wilayah II lahat, BKSDA Sumsel, Martialis Puspito, saat dikonfirmasi, Jumat (20/12/2019).


Tito mengatakan kepastian itu didapatkan setelah melakukan pengecekan terhadap jejak yang ditemukan. Jejak itu lebih besar dari harimau sumatera.

"Jejaknya sudah kita dapatkan dan lebih besar. Beda dengan harimau sumatera dan ini juga kami sedang di Pagaralam," katanya.

Meskipun demikian, Tito menyebut jejak beruang itu berada di dalam kawasan hutan lindung. Sehingga, katanya, warga tidak perlu khawatir dan tidak perlu panik.


"Tetap seperti biasa, kita minta warga di sekitar kawasan hutan lindung untuk tak beraktivitas di dalam, baik berkebun atau aktivitas lainnya," kata Tito.

BKSDA mengaku telah berkoordinasi dengan pejabat setempat. Salah satunya meminta aktivitas dalam kawasan hutan lindung yang jadi habitat harimau sumatera dikosongkan.

Dikatahui, jejak yang ditemukan warga dan menjadi perbincangan terjadi pada Kamis (19/12) sore. Jejak ditemukan di Dempo Utara, Kota Pagaralam.




Simak juga video 3 Anak Orang Utan Dibuang di Tepi Jalan Pekanbaru:

[Gambas:Video 20detik]



(ras/gbr)