Jelang Natal, Anies Cek Pasokan Pangan Food Station

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 20 Des 2019 09:21 WIB
Foto: Arief/detikcom
Jakarta - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Batu 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek ketersediaan pangan di gudang PT Food Station Tjipinang Jaya. Dia ingin memastikan pasokan pangan, khususnya beras aman selama natal dan tahun baru.

 Anies mulai berkeliling gudang penyimpanan pangan khususnya beras. Anies mulai berkeliling gudang penyimpanan pangan khususnya beras. Foto: Arief/detikcom

Awalnya, Anies berkunjung ke kantor PT Food Station Tjipinang Jaya, di Jalan Pisangan Lama Barat, Jakarta Timur, Jumat (20/12/2019). Di sana, dia mengadakan pertemuan tertutup dengan Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi, Asisten Sekda Perekonomian, Sri Haryati, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, Direktur Pasar Jaya Arief Nasrudin, beberapa pejabat Pemprov lainnya.



Setelah itu, Anies bersama rombongan menggunakan sepeda mengecek gudang milik Food Station. Lokasinya tak jauh dari kantor.

 Anies menjamin stok pangan untuk nataru aman. Anies menjamin stok pangan untuk nataru aman. Foto: Arief/detikcom

Anies mulai berkeliling gudang penyimpanan pangan khususnya beras. Di gudang tersebut berlangsung proses penggilingan sampai pengepakan beras. Beras dari sini siap disebar ke pasaran, ada juga pasokan bawang putih.

Anies menjamin stok pangan untuk nataru aman. Bisa dipastikan tidak ada kekurangan stok sehingga terjadi kenaikan harga.


"Hari ini, kami lihat langsung alhamdulillah aman. Kami tidak perlu khawatir atas fluktuasi harga karena pasokan tersedia dengan cukup," ucap Anies di lokasi usai peninjauan.

Beberapa komoditas lain yang sering menjadi perhatian saat hari-hari besar pun disebut aman. "Alhamdulillah satu komoditas strategis seperti beras, gula, daging sapi, daging ayam, bawang merah, cabai merah, bawang putih, semuanya dalam kondisi aman," ucap Anies.

Dari data Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, stok pangan melebihi perkiraan konsumsi pada saat natal dan tahun baru. Seperti beras, kebutuhan untuk natal dan tahun baru sebesar 83.191 ton, sedangkan untuk stok sebanyak 466.902 ton. Dari nilai itu, Food Station menyediakan 152.500 ton.




Tonton Gelar Christmas Carol Jakarta, Anies Ingin Ciptakan Persatuan:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/hed)