Kapal Pesiar Asing Kandas di Terumbu Karang Raja Ampat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 23:47 WIB
Kapal pesiar kandas di terumbu karang Raja Ampat, Papua Barat. (Foto: dok. Antara)
Waisai - Kapal pesiar berbendera asing, yakni Aqua Blu, kandas di terumbu karang Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Pulau Wayag, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kerusakan terumbu karang akibat kapal kandas itu masih dicek.

Koordinator Satker KKPN Raja Ampat M Ramli Firman saat dimintai konfirmasi membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan peristiwa tersebut sudah dilaporkan kepada Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang untuk diteruskan ke Jakarta guna menentukan langkah lebih lanjut.


Selain itu, kata dia, Satker KKPN Raja Ampat juga telah berkoordinasi dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Raja Ampat, Dinas Perhubungan, dan Kepolisian Perairan guna menindaklanjuti permasalahan tersebut.

"Hasil koordinasi kami sudah ada jaminan dari pihak perusahaan bahwa kapal tersebut akan masuk ke Pelabuhan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, pada 20 Desember 2019 nanti guna melapor. Sebab, kapal tersebut mempunyai izin berlayar yang dikeluarkan oleh Syahbandar Sorong sehingga harus melapor di Raja Ampat sebelum meninggalkan daerah tersebut," kata Ramli Firman seperti dilansir Antara, Kamis (19/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2