Pemudik Meningkat Jelang Natal, Kapal Ambon-Buru Selatan Sempat Miring

Muslimin Abbas - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 21:16 WIB
Suasana mudik menjelang Natal dan tahun baru di Ambon. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon - Pemudik di Ambon meningkat jumlahnya menjelang Natal dan tahun baru. Kapal yang akan mengangkut pemudik ke Kabupaten Buru Selatan sempat miring karena banyaknya penumpang.

Pantauan detikcom, banyaknya pemudik di atas kapal KM Intim Teratai 1 membuat kapal tersebut miring, Kamis (19/12/2019) malam. Akhirnya petugas KSOP Ambon naik ke kapal dan mengevakuasi penumpang yang berdesak-desakan ke sisi kanan kapal yang berlayar ke Namlea, Pulau Buru, dan Kabupaten Buru Selatan, Maluku.


Sebelum kapal miring, para pemudik berdesak-desakan untuk naik ke kapal. Kebanyakan penumpang telah menempati sisi kiri kapal sebagai tempat tidur selama berlayar. Pasalnya, di dalam kapal, kamar telah dipenuhi penumpang.

"Karena penumpang itu fokus sebelah kiri dekat tangga naik, makanya kelihatan penumpang ramai, padahal sebelah kanan penumpang kosong," kata Kepala KSOP Ambon Yesfri Medison di Pelabuhan Slamet Riyadi.

Pemudik Membludak Jelang Natal, Kapal Ambon-Buru Selatan Sempat MiringSuasana mudik menjelang Natal dan tahun baru di Ambon. (Muslimin Abbas/detikcom)

Yesfri menjelaskan kapal tersebut tidak melebihi kapasitas penumpang dan masih berada batas kewajaran.

"Ini masih toleransi karena kita sampai batas keselamatan 600, kita penumpang-penumpang masih sekitar 500-an, masih di ambang kewajaran," tuturnya.

Sesaat kapal berangkat, petugas telah menurunkan tangga naik kapal. Penumpang yang terlambat datang terpaksa berlarian dan naik dengan bantuan petugas. Bahkan pengantar yang masih berada di atas kapal nekat meloncat ke dermaga. (idh/idh)