Pelantikan Pimpinan KPK, Agus dkk-Firli cs Akan Berangkat Bareng ke Istana

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 19:06 WIB
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pimpinan KPK terpilih periode 2019-2023 akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana besok. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengungkapkan semua pimpinan KPK, baik yang purnatugas maupun baru terpilih akan berangkat bersama menuju Istana.

"Iya, kami bareng-bareng (bersama pimpinan KPK terpilih) ke Istana dari kantor (KPK)," kata Syarif di gedung ACLC, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).


Namun Syarif tak menjelaskan detail waktu para pimpinan KPK itu berangkat bersama ke Istana. Namun, selepas pelantikan di Istana, para pimpinan KPK itu langsung kembali ke KPK melaksanakan serah-terima jabatan (sertijab).

"Dari Istana kembali lagi untuk sertijab," ucapnya.


Tonton juga Agus Rahardjo Harap KPK ke Depan Bukan Cuma OTT :



Syarif kemudian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama menjadi pimpinan KPK. Ia berharap perjuangan melawan korupsi akan terus hidup.

"Ini hari terakhir, besok sekaligus pelantikan pimpinan yang baru. Kami besok pelantikan, serah-terima sore. Pertama, atas nama pribadi dan kami berlima pimpinan KPK mengucapkan terima kasih atas segala dukungan masyarakat dan dukungan media kepada kami berlima. Mohon maaf atas kekurangan. Kami berharap perjuangan antikorupsi itu atau perjuangan melawan korupsi itu tidak akan berhenti pada kami dan pimpinan berikutnya jauh lebih baik," tuturnya.


Pimpinan KPK yang baru akan dilantik Presiden Jokowi pada Jumat, 20 Desember 2019, di Istana Negara, Jakarta. Kemudian, acara sertijab akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB di gedung KPK.

Empat pimpinan KPK sebelumnya, Agus Rahardjo, Laode M Syarif, Basaria Pandjaitan, dan Saut Situmorang, akan digantikan Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango. Satu orang lagi, yaitu Alexander, melanjutkan kepemimpinannya pada periode berikutnya bersama Firli cs. (ibh/idh)