BKSDA DKI Evakuasi 29 Anak Ular Kobra, Akan Dilepasliarkan di Gunung Salak

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 17:16 WIB
Evakuasi anak ular kobra di Museum Basoeki Abdullah. (Twitter/@humasjakfire)
Jakarta - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta mengatakan sejauh ini ada 29 anak ular kobra dievakuasi. Anak kobra itu dievakuasi di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok.

"Kami belum himpun semua, ada 29 baby cobra di Jabodetobek karena itu pecah-pecah di wilayahnya. Kita masuk wilayah Jabodetabek untuk sweeping, tapi dari Bogor belum termasuk itu kobranya," kata Kepala BKSDA DKI Jakarta Ahmad Munawir di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (19/11/2019).


Ular-ular itu akan dikembalikan ke habitatnya, lokasi yang tidak bersinggungan dengan manusia. Rencananya akan dilepasliarkan di Gunung Salak Halimun.

"Terhadap ular-ular yang sudah di-rescue akan kita kembalikan ke habibatnya lebih aman dalam konteks tidak akan bersinggungan langsung dengan manusia. Kita cari tempatnya mudah-mudahan kita bisa putuskan dengan nanti Pak Haryono. Rencana ini akan dilepas ular-ular yang di-rescue di Gunung Salak Halimun, Sukabumi," ujarnya. Haryono yang dimaksud Munawir yakni Kasubid Sumber Daya Genetika Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK M Haryono.