Rekonstruksi Penikaman Mahasiswa UMI Makassar, Korban Diserang Saat Ngopi

Hermawan Mappilwali - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 15:45 WIB
Foto: Rekonstruksi kasus penikaman mahasiswa UMI Makassar. (Hermawan-detikcom)
Makassar - Polisi melakukan rekonstruksi atau reka ulang kasus penikaman yang menewaskan mahasiswa Fakultas Hukum UMI Makassar, Andi Fredi. Ada 17 adegan yang diperagakan dua orang tersangka, Yusril dan Indra Rospandi.

Pantauan detikcom, rekonstruksi berlangsung di Mapolrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Kamis (19/12/2019). Yusril dan Indra Rospandi melakukan rekonstruksi dalam kondisi tangan terborgol.

"17 adegan (diperankan). Kita buat rekonstruksi untuk sesuaikan antara keterangan saksi 1 dengan yang lainnya dengan fakta di lapangan yang kita temukan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko, kepada wartawan pasca-rekonstruksi.


Dalam rekonstruksi ini terungkap bahwa korban awalnya sedang menikmati kopi di samping Fakultas Hukum, UMI Makassar lalu tiba-tiba diserang oleh kelompok pelaku yang sebagian besar merupakan mahasiswa Mapala UMI.

"Jadi pelaku yang pertama kan Indra nih, dia mau tikam, tapi ketika mau tikam korban ini ada pakai slayer, dia kira korban ini anggota dari Mapala, karena kebetulan dia Mapala," kata Indratmoko.

"Jadi datanglah pelaku (Yusril) ini langsung melakukan penikaman," sambung Indratmoko.


Indratmoko menyebut hasil rekonstruksi ini masih akan dikaji bersama jaksa untuk melihat kemungkinan bertambahnya fakta.

"Nanti, setelah ini kan kita bahas lagi dengan penyidik melibatkan nanti JPU. Kita bahas khali terkait hasil temuan setelah adanya rekonstruksi," kata Indratmoko.

Sebelumnya, Andi Fredi tewas setelah diserang komplotan pelaku pada Selasa (12/11). Andi Fredi tewas akibat sabetan senjata tajam di punggung.



Tonton video Aksi Mappatettong Siri Tuntut Polisi Usut Kematian Mahasiswa UMI:

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)