Menteri LHK Minta Jajarannya Pantau Perubahan Cuaca untuk Cegah Karhutla

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 13:57 WIB
Foto: Menteri LHK beri pengarahan pencegahan karhutla 2020 (Kadek Melda Luxiana-detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengingatkan pentingnya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dia meminta jajarannya memantau perubahan cuaca untuk mengambil langkah pencegahan karhutla dengan tepat.

"Itu buka terus cek terus iklim dan lain-lain dari BMKG kita ikuti terus perkembangannya dan antisipasi untuk 2020 meskipun kata BMKG tidak sepanas 2019 tapi tetap harus diwaspadai," kata Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Kompleks KLHK, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).



Dia mengatakan tantangan yang dihadapi antara lain area gambut, embung yang kurang serta jauhnya sumber air ketika ada karhutla. Menurutnya, jajaran KLHK harus bersiap untuk mengatasi masalah tersebut jika terjadi karhutla.

"Kita masih punya kendala-kendala di lapangan misalnya area gambut berat, terisolasi, embung-embungnya masih kurang, sumur bornya belum banyak, sumber air masih berat. Nah, itu tantangan yang harus kita jaga, harus tetap kita persiapan. Saya gausah ngajarin karena Manggala Agni lebih jago dari menterinya di lapangan," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2