Gubernur Sulsel Minta Persaudaraan Haji Evaluasi Travel Umrah Murah

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 12:51 WIB
Foto: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Noval-detikcom)
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mendorong Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengevaluasi biro perjalanan haji dan umrah yang menawarkan paket murah. Nurdin menilai travel haji dan umrah murah bisa merugikan calon jemaah jika gagal diberangkatkan.

Hal ini disampaikan Nurdin usai pelantikan Pengurus IPHI Sulsel di Baruga Karaeng Pattingalloang, kompleks Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Kamis (19/12/2019). Nurdin dilantik sebagai Ketua Umum IPHI Sulsel.

"IPHI yang inti, jangan sampai masih banyak masyarakat kita yang ketipu oleh biro-biro travel, itu yang paling inti bagi IPHI. Oleh karena itj kita harus bersama-sama Kementerian Agama untuk mengevaluasi seluruh biro-biro perjalanan umrah dan haji, itu yang paling penting sekali," kata Nurdin.





Nurdin menyebut biro travel haji dan umrah murah terkadang hanya mengiming-imingi warga dengan harga murah. Namun pada akhirnya warga tidak diberangkatkan untuk umrah.

"Kasihan, hanya karena iming-iming biaya murah lantas mereka sudah jual macam-macam lantas tidak bisa berangkat, ini kan merugikan masyarakat kita," imbuhynya.




Nurdin juga ingin agar IPHI Sulsel terlibat dalam mempersiapkan warga yang akan berangkat haji.

"Termasuk manasik (haji), kan banyak fasilitas-fasilitas pemprov bisa dipakai," paparnya. (nvl/fdn)