Kemensos Beri Bantuan Rp 94,5 M di Puncak Bulan Bakti Kesetiakawanan

Akfa Nasrulhak - detikNews
Kamis, 19 Des 2019 11:56 WIB
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Menteri Sosial Juliari P. Batubara memimpin acara puncak peringatan Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) tahun 2019. Dalam kesempatan itu, Juliari beserta pemerintah daerah dan mitra Kemensos, menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat secara simbolik. Adapun Kemensos menyalurkan bantuan total senilai Rp 94,6 miliar.

Bantuan yang disalurkan, antara lain bantuan alat bantu disabilitas, kacamata baca, toilet umum, dan sebagainya. BBKS merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019, 20 Desember 2019.

"Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi bapak, ibu, saudara dalam puncak BBKS dalam rangka HKSN 2019. BBKS ini merupakan momen untuk memperlihatkan dan membuktikan implementasi kekompakan elemen bangsa untuk menangani masalah-masalah sosial," ujar Juliari usai menyerahkan bantuan di Siring Kilometer 0 Depan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kamis (19/12/2019).


Juliari mengatakan pada 2019 ini, Indonesia dihadapkan pada tantangan-tantangan dalam berbagai bentuk seperti musibah, baik itu bencana alam maupun bencana sosial, yang datang silih berganti. Namun, ia berpesan agar tetap semangat dan optimis.

"Semua tantangan ini kita hadapi dengan tetap berbaik sangka kepada Sang Pencipta. Bahwa semua ini adalah ujian agar bangsa Indonesia naik peringkat sebagai sebuah bangsa yang lebih baik, dalam hal pengelolaan lingkungan, pencegahan, dan pengelolaan relasi-relasi sosial di tengah masyarakat yang besar dan majemuk ini," sambungnya.

Puncak peringatan BBKS juga merupakan titik akhir atau etape terakhir dari kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) Lintas Banua Bergerak. Kegiatan ini dilaksanakan di enam etape di mulai dari Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar dan diakhiri di Kota Banjarmasin.


Selain penyerahan bantuan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pelayanan sosial seperti penyuluhan sosial, donor darah, pengobatan gratis bagi masyarakat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku bangga atas kegiatan LBKS hingga akhirnya berada di puncak kegiatan. LBKS berupa tim ekspedisi kendaraan untuk menyalurkan berbagai macam bantuan dengan melintasi berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

"Kami ucapkan selamat datang di kota seribu sungai, Banjarmasin. Kami dengan sangat senang hati menyambut kedatangan bapak ibu. Ini luar biasa dengan arahan dan bimbingan, bahkan pak gubernur langsung yang mengarahkan LBKS dari tiap etape, sehingga ini menjadi sebuah spirit utama bagi kita," ujar Ibnu.

Selain dari Kemensos, dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan secara simbolik dari mitra seperti Yayasan Metropolitan Peduli, Yayasan Pondok Kasih, Yayasan Surya Kebenaran Internasional, Yayasan Kasih Tuna Daksa, Yayasan Muslim Asia, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Alfamart, Indomaret, Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Pegadaian. (ujm/ujm)