Duta Bangsa-ESQ Inisiasi Training 'How to Get Ready for a Bright Future'

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 20:11 WIB
Anita Ratnasari dan Ary Ginanjar saat mengumumkan kolaborasi. (Marcelino/Duta Bangsa)
Jakarta - Duta Bangsa, yang 18 tahun berkiprah di pendidikan nonformal, kini berkolaborasi dengan ESQ. Duta Bangsa, yang punya visi menjadi lembaga pendidikan nonformal terbaik dan terpilih di Indonesia, menginisiasi training 'How to get Ready for a Bright Future' yang akan mengantar generasi muda menuju sukses.

"Untuk kesuksesan generasi muda, kami juga mengajarkan dan mengembangkan tiga kunci pokok yang selalu kami ajarkan, yaitu supaya anak-anak inovatif, kreatif, dan entrepreneurship. Sekali lagi, tiga kunci ini selalu menyertai kita dalam pelajaran-pelajaran yang ada di Duta Bangsa: inovasi, kreativitas, dan entrepreneurship," tegas Founder Duta Bangsa, Anita Ratnasari Tanjung.

Hal ini disampaikan Anita Ratnasari dalam sambutan acara peresmian kolaborasi Duta Bangsa dan ESQ di Menara Mega Syariah di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Tiga kunci pokok itu menjadi sangat penting di era disrupsi teknologi seperti saat ini. Terlebih Indonesia memasuki bonus demografi, yakni ketika usia produktif lebih banyak daripada usia nonproduktif.



"Oleh karena itu, bonus demografi ini harus kita manfaatkan. Kalau tidak, akan sia-sia. Jadi kita harus memanfaatkan bonus demografi ini agar sumber daya manusianya berkualitas. Kalau sumber daya manusia tidak berkualitas, mereka nanti tidak bisa menghadapi tantangan atau persaingan ke depan," kata Anita.

Duta Bangsa-ESQ Inisiasi Training 'How to Get Ready for a Bright Future'Foto: Marcelino/Duta Bangsa


Karena itulah Duta Bangsa berkolaborasi dengan ESQ dalam training 'How to get Ready for a Bright Future'. Langkah ini menjawab komitmen Duta Bangsa mewujudkan generasi muda yang cemerlang.

"Di zaman yang semakin kuat persaingannya, insan muda saat ini perlu memperdalam people skill agar keterampilan yang mereka miliki dapat bermanfaat baik di masa kuliah dan persiapan untuk berkarier. Mereka juga perlu dibekali aspek spiritual dan emosional dengan mengikuti training 'How to get Ready for a Bright Future'," terang Anita.

"Karenanya, dibutuhkan pembekalan dari sisi spiritual. Karena itu, kami menggandeng ESQ, yang didirikan oleh Bapak Ary Ginanjar, dalam program 'How to get Ready for a Bright Future' yang kami merasa sekarang saatnya untuk melibatkan anak muda. Karena nantinya merekalah yang akan berperan dalam memimpin negara ini agar mampu bersaing dengan negara lainnya," tegas istri pengusaha nasional Chairul Tanjung ini.

Salah satu materi pembekalan yang akan diberikan adalah building your personal branding dan break mental block. Pembekalan ini membahas bagaimana cara menemukan unique values dalam diri untuk membangun self branding sebagai kunci sukses. Selain itu, ada materi design your future dan managing your perception.

"Sebagai pengusaha muda, soft skill sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Communication skill terutama, karena kita akan banyak bertemu calon business partner dari berbagai usia dan background juga. Di era sekarang, kemampuan akademis saja tidak cukup, kita harus punya mindset kreatif dan inovatif supaya karier kita tetap berkembang," sambung Founder and CEO Creativepreneur Event Creator, CBO Kreavi dan Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung.

Duta Bangsa-ESQ Inisiasi Training 'How to Get Ready for a Bright Future'Foto: Marcelino/Duta Bangsa


Founder ESQ Ary Ginanjar pun menyambut gembira sinergi ini. Dia berharap sinergi ini bisa memantapkan generasi muda Indonesia menghadapi tantangan ke depan.

"Duta Bangsa tugasnya adalah membangun tiang, ESQ membangun fondasi, dan Pak Nadiem Makarim membangun atap. Mudah-mudahan, meskipun beliau tidak sinergi hari ini, kami mendukung untuk membangun tiang, membangun fondasi," terang Ary Ginanjar.

"Mudah-mudahan, dengan cara itu, tahun 2030 sempurna rumah Indonesia, rumah yang punya atap yang kuat di mana mahasiswa-mahasiswinya dan milenialnya dilatih kecerdasan intelektualnya, dilatih kompetensi dasarnya, kemudian Duta Bangsa akan membangun tiang dari Sabang sampai Merauke, kemudian ESQ membangun fondasi di bawah tanah," pungkasnya.

Duta Bangsa-ESQ Inisiasi Training 'How to Get Ready for a Bright Future'Foto: Marcelino/Duta Bangsa
Halaman

(van/imk)