Kemendagri Evaluasi Kunker Gubernur Sumbar, Politikus Gerindra Singgung Anies

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 20:04 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal mengevaluasi kunjungan kerja (kunker) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. Anggota Komisi II DPR Kamrussamad mengatakan kunker ke luar negeri tak ada masalah asalkan bermanfaat untuk masyarakat.

"Kepala daerah tak ada masalah (melakukan) kunjungan luar negeri. Yang penting bermanfaat untuk rakyatnya. Gubernur DKI malah keluar negeri, AS, shopping Formula E, mengeluarkan ratusan miliar rupiah, commitment fee untuk jadi tuan rumah dari APBD, uang rakyat, yang kita belum tentu tahu apa manfaat buat warga miskin Jakarta," kata Kamrussamad kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).


Bahkan, Kamrussamad juga menyinggung kunker Mendagri Tito Karnavian saat menjabat Kapolri. Dia menyebut Singapura seperti negara kedua Tito.

"Mendagri Tito juga sering ke luar negeri sejak menjabat pimpinan Polri. Bahkan Singapura seperti negara kedua Mendagri karena seringnya ke sana," jelas anggota DPR dari Fraksi Gerindra itu.

Menurut Kamrussamad, kunker kepala daerah ke luar negeri tidak ada masalah asalkan untuk kepentingan rakyat di daerah yang dipimpin.

"Yang penting jangan mengabaikan tugas utama bekerja untuk kepentingan rakyat. Jika perjalanan pribadi, tidak menggunakan fasilitas negara," ujar Kamrussamad.
Selanjutnya
Halaman
1 2