Kunker ke Kaltara, Jokowi Serahkan 1.000 Sertifikat Tanah

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 19:30 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Kalimantan Utara. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Tarakan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Kalimantan Utara (Kaltara). Ada 1.000 sertifikat yang diserahkan.

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan di seluruh Tanah Air seharusnya ada 126 juta bidang tanah yang bersertifikat. Tetapi hingga 2015, baru 46 juta sertifikat yang diberikan kepada masyarakat.

"Artinya, kurang 80 juta yang belum pegang ini. Bapak-Ibu harus bersyukur karena sudah pegang ini sertifikat," kata Jokowi di Lapangan Tenis Tertutup Keramat, Kota Tarakan, Rabu, (18/12/2019).


Di samping itu, percepatan penerbitan sertifikat dilakuakn juga karena banyaknya sengketa lahan dan tanah yang terjadi di masyarakat. Jokowi mengaku kerap mendengar keluhan terkait sengketa lahan setiap dirinya pergi ke daerah.

"Apa yang saya dengar dari rakyat? Sengketa tanah, sengketa lahan, konflik tanah, konflik lahan. Setiap hari saya masuk ke desa pasti suara itu yang saya dengar, sehingga ini menjadi kunci," ujarnya.


Menurut Jokowi, jika masyarakat sudah memegang sertifikat sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimilikinya, konflik lahan bisa dihindari.

"Mau apa kalau sudah pegang ini? Nggak bisa apa-apa, ngaku-ngaku? Balik dia. Ini pentingnya bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki yang namanya sertifikat," kata Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat tersebut antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.



Tonton juga video Jokowi Pastikan Tak Ada Pabrik di Ibu Kota Baru:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/gbr)