Ramp Check 500 Bus, BPTD Riau-Kepri Prioritaskan Bus Pariwisata

Yakob Arfin - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 16:44 WIB
Foto: Kemenhub Darat
Jakarta - Mempersiapkan Penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau menggelar posko di 8 titik Satuan Pelayanan (Satpel) mulai besok Kamis (19/12/2019) hingga 6 Januari 2020 mendatang.

Selain itu, BPTD Wilayah IV juga menggelar ramp check bersama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, Dinas Perhubungan se-Provinsi Riau, Dinas Kesehatan se-Provinsi Riau, BNN Provinsi Riau, Organda, dan Jasa Raharja.

Kepala BPTD IV Riau-Kepri Syaifuddin Ajie Panatagama mengatakan ramp check adalah salah satu hal vital yang akan dilakukan dalam periode Angkutan Nataru.


"Kami menargetkan sebanyak 500 bus angkutan penumpang seperti bus angkutan antar kota, antar provinsi, dan bus pariwisata," kata Ajie dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12/2019).

Selain itu, lanjut Aji, untuk mengurangi angka kecelakaan, bus pariwisata akan menjadi prioritas dalam giat ramp check kali ini.

"Bus Pariwisata akan menjadi perhatian kami dalam giat ram check kali ini, hal ini disebabkan bus jenis ini menjadi penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas tahun lalu. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan jajaran instansi terkait. Ramp check juga akan dilaksanakan di Terminal Bangkinang dan Dumai selama masa Angkutan Nataru," kata Ajie.

Para pengemudi pun akan dilakukan tes urine guna memastikan pengemudi dalam kondisi fit dan tidak berada dalam pengaruh narkoba maupun alkohol.

Ia pun menjelaskan dengan diadakannya ramp check ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan transportasi angkutan penumpang baik komersil maupun sewa.

"Semoga unsur keselamatan angkutan tersebut semakin terjamin dengan adanya ramp check. Selain itu pelayanan terhadap calon penumpang lebih prima sehingga penumpang merasa aman dan nyaman," imbuhnya.


Selain itu dari hasil Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Posko Nataru di BPTD IV menerima beberapa masukan dari masyarakat dan instansi terkait untuk penambahan Perlengkapan Jalan Umum seperti rambu dilarang parkir di sepanjang jembatan baru di Kabupaten Bengkalis, lalu lampu penerangan jalan serta penambahan lampu peringatan di wilayah Indragiri Hulu.




Simak video Jelang Nataru, Polisi dan BNN Gelar Razia di Pelabuhan Merak:

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)