Mesin Waktu

Stalin Diktator Soviet Tewas Diracun atau Kena Stroke?

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 16:02 WIB
Foto: Joseph Stalin di meja kerja, 1949 (German Federal Archive)
Jakarta - Hari ini, Joseph Stalin pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin dilahirkan 141 tahun yang lalu. Figur pemimpin bertangan besi itu wafat dalam usia 74 tahun. Penyebab kematiannya masih jadi perdebatan.

Joseph Stalin lahir di Gori, Georgia. Tiga saudaranya meninggal dunia karena penyakit. Ini membuat ibunya yang religius sangat protektif sekaligus keras dalam mendidik. Sementara ayahnya, bernama Vissarion seorang pecandu alkohol. Kalau sedang mabuk berat, Vissarion tak ragu memukul anak istrinya.


Oleh ibunya, Stalin yang memiliki nama asli Joseph Dzhugashvili diharapkan jadi imam. Dia dimasukkan dalam sebuah sekolah milik gereja. Terlepas dari masalah kesehatan, Stalin tergolong murid yang cerdas. Lulus sekolah, dia dapat beasiswa untuk masuk Seminari Teologi Tiflis (Tbilisi).

Dalam seminari, diam-diam Stalin membaca buku-buku Karl Marx dan sejumlah buku terlarang lainnya. Karena ketahuan dia dikeluarkan dari seminari. Untuk menyambung hidup, Stalin jadi guru privat, lalu jadi pegawai di Observatorium Tiflis dan penulis untuk surat kabar sosialis Georgia.

Pada 1900, dia mulai bergabung dengan gerakan politik bawah tanah. Menggerakkan aksi demontrasi dan pemogokan di sejumlah pabrik. Lalu masuk jadi anggota Partai Buruh Demokrat Sosial Rusia. Saat partai ini pecah, Stalin memilih masuk faksi Bolshevik yang dipimpin Vladimir Lenin. Faksi ini kelak jadi Partai Komunis.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4