Ketua MPR Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewas KPK: Dia Hakim Lurus!

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 14:42 WIB
Bamsoet (Farih/detikcom)
Jakarta - Mantan hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar diusulkan menjadi Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai Artidjo sebagai hakim yang 'lurus'.

"Semua sudah tahu Artidjo adalah hakim yang lurus yang kita harapkan juga sebagai pengawas itu juga bersikap tegak lurus terhadap persoalan-persoalan penegakan hukum yang ada di KPK, terutama dalam hal pemberantasan korupsi," kata Bamsoet di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/12/2019).


Bamsoet mengimbau MPR dan DPR agar mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menentukan nama-nama Dewas KPK. Selain Artidjo, ada nama eks pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki dan hakim Albertina Ho yang juga diusulkan menjadi Dewas KPK.

"Ya pokoknya posisi parlemen ini, apa pun yang sudah dipilih pemerintah, menurut saya, perlu didukung karena itulah pilihan yang terbaik yang sudah dipikirkan secara masak-masak, termasuk pilihan terhadap satu nama yang namanya Artidjo," jelasnya.


Politikus Partai Golkar itu meyakini nama-nama yang nantinya ditunjuk Jokowi menjadi Dewas KPK adalah pilihan terbaik. Bamsoet berharap mereka bisa mengoptimalkan pemberantasan korupsi di Tanah Air.

"Jadi, apa pun juga, saya yakin dan percaya pilihan-pilihan yang untuk pertama kali dipilih Presiden RI untuk Dewas saya yakin itu pilihan yang terbaik yang bisa menyeimbangkan daripada langkah-langkah hukum yang dia jalankan komisioner dan penyidik yang ada di KPK," sebut Bamsoet.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah membeberkan latar belakang calon-calon Dewas KPK. Jokowi sendiri akan melantik lima orang Dewas KPK dua hari lagi.

"Ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12). (zak/gbr)