Truk Tangki Jeblos di Depan Thamrin City Berhasil Dievakuasi Setelah 4 Jam

Yoki Alvetro - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 14:33 WIB
Foto: Evakuasi truk tangki jeblos di depan Thamrin City (Yoki Alvetrio/detikcom)
Jakarta - Evakuasi truk tangki bermuatan semen yang jeblos di depan Thamrin City akhirnya selesai. Evakuasi memakan waktu kurang lebih 4 jam.

Pantauan di Jalan Kebon Kacang Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019), proses evakuasi ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Evakuasi selesai sekitar pukul 13.50 WIB.

Proses evakuasi truk tangki jeblos di depan Thamrin City itu dimulai sekitar pukul 10.14 WIB. Satu unit mobil derek dari Dishub DKI Jakarta merapat ke lokasi kejadian.


Mobil derek Dishub DKI Jakarta sempat ingin menarik truk itu, namun urung dilakukan karena truk yang jeblos disebut memiliki muatan sekitar 35 ton. Setelahnya, sekitar pukul 11.00 WIB, crane dari Bina Marga DKI Jakarta merapat.

Crane dan mobil derek itu berupaya mengeluarkan truk semen dari jalanan yang ambles. Namun, apa daya, kekuatan dua mobil itu masih tidak cukup. Malahan, kaki crane terlihat sempat terangkat ketika mencoba mengangkat ekor truk tangki berisi semen itu.

Truk Tangki Jeblos di Depan Thamrin City Berhasil Dievakuasi Setelah 4 JamFoto: Evakuasi truk tangki jeblos di depan Thamrin City (Yoki Alvetrio/detikcom)

Mobil eskavator sempat dikerahkan ke lokasi kecelakaan. Eskavator itu akhirnya tidak jadi dipakai karena sekitar pukul 12.15 WIB, ada truk tangki lain yang diperbantukan untuk memindahkan muatan semen.


Pipa kemudian dipasang untuk menghubungkan dua truk itu. Proses pemindahan muatan semen dari truk yang jeblos ke truk tangki lainnya dimulai.

Setelah muatan berhasil dipindahkan, crane mencoba mengangkut ekor truk yang jeblos itu. Sementara itu, sopir truk yang jeblos kemudian masuk dan mengemudikan kendaraan itu, berusaha keluar dari jalanan yang ambles. Pukul 13.50 WIB, truk itu berhasil dievakuasi.

Truk Tangki Jeblos di Depan Thamrin City Berhasil Dievakuasi Setelah 4 JamFoto: Evakuasi truk tangki jeblos di depan Thamrin City (Yoki Alvetrio/detikcom)

Akibat kecelakaan truk jeblos itu, jalanan menjadi rusak. Kadis Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menyebut kecelakaan itu diduga karena truk kelebihan kapasitas.

"Diduga karena muatan berat, jembatan gorong-gorong patah, ban mobil tangki belakang masuk gorong-gorong kedalaman kurang lebih 2 meter," ucap Hari. (gbr/hri)