Bukan Milea, TASPEN Pilih Dilan Jamin Dana Pensiun ASN

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 12:40 WIB
Foto: Dok TASPEN
Jakarta - PT TASPEN (Persero) memanfaatkan Dilan atau Digitaliasi Layanan sebagai pengelola Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua Aparatur Sipil Negara (ASN). Lebih tepatnya dalam program DILAN PENSIUN.

Dikutip dari keterangan resminya, Rabu (18/12/2019), DILAN PENSIUN merupakan sistem digital yang dapat mengintegrasikan data yang dimiliki, baik itu data peserta, keluarga, mutasi, dan pembayaran haknya.

"DILAN PENSIUN ini adalah sebuah inovasi yang mengacu pada lima prinsip yang dimiliki TASPEN yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, dan Tepat Jumlah, maka penyaluran hak peserta tidak boleh salah sasaran," ujar keterangan tersebut.

TASPEN memanfaatkan data biometric peserta, karena data biometric seorang individu memiliki keunikan satu sama lain sehingga menghindari adanya kekeliruan pembayaran hak pensiun.

Adanya sistem tersebut, maka akan tercipta digitalisasi proses pembayaran kepada peserta secara real time dengan didukung data dengan akurasi tinggi. Proses digitalisasi pembayaran pensiun ini didukung oleh adanya aplikasi Taspen Otentikasi yang dapat peserta unduh di smartphone.

"Otentikasi melalui smartphone ini demi menciptakan kemudahan para penerima pensiun agar tidak perlu datang ke mitra bayar untuk membuktikan keberadaan pensiunan," ucapnya.

"Dengan adanya otentikasi melalui smartphone, penerima uang/gaji pensiun dapat mengambil uang pensiun di mana saja dan kapan saja setelah jatuh tempo," imbuhnya.

DILAN PENSIUN yang diberikan oleh TASPEN ini merupakan langkah untuk terus menjadi perusahaan yang andal bagi para ASN sebagai peserta TASPEN yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

"Pengembangan aplikasi digital ini merupakan bagian dari komitmen TASPEN dalam kaitan memberikan kemudahan layanan pembayaran dana pensiun dan akan terus dilakukan pengembangan digitalisasi ini," pungkasnya. (ega/ega)