Lewat Inovasi Ini, TASPEN Bantu ASN Makin Sejahtera

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 10:42 WIB
Foto: Taspen
Jakarta - Kesejahteraan dan jaminan sosial dari Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dijamin melalui berbagai program dan inovasi. Salah satunya lewat PT. TASPEN (Persero), sebagai BUMN yang mengelola jaminan sosial ASN dan pejabat negara

Dikutip dari keterangan resminya, Rabu (18/12/2019, TASPEN menjamin ASN melalui program Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). TASPEN berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi semua peserta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 56 tahun, TASPEN dapat diandalkan untuk terus melakukan inovasi layanan secara berkelanjutan untuk kemudahan para pesertanya, dan tetap fokus dalam melayani ASN, pejabat negara.


Lebih lanjut, melalui PP Nomor 49 Tahun 2018, TASPEN juga menjadi penyelenggara Jaminan Sosial berupa Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta JKK dan JKM bagi pegawai NON-PNS (termasuk tenaga honorer) yang bertugas pada instansi pemerintah.

Dalam menyejahterakan ASN, TASPEN juga hadir dengan program Wirausaha Pintar. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berkomitmen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) melalui pembekalan wirausaha untuk mempersiapkan ASN dalam menghadapi masa purnatugas. Inovasi ini juga telah meraih penghargaan Top 45 Inovasi Layanan Publik Terbaik oleh Kementerian PAN-RB.

Dalam berinovasi, TASPEN juga memiliki inovasi unggulan dalam melayani ASN di antaranya Layanan Klim Otomatis dan Layanan Klim 1 jam yang telah bersertifikasi ISO 9001:2015. Tidak hanya itu, inovasi dalam pelayanan pensiun juga diwujudkan TASPEN dengan berbasis teknologi informasi diantaranya Otentikasi by Smarphone yakni Otentikasi Digital melalui smartphone yang bertujuan untuk memudahkan pensiunan sehingga tidak perlu datang lagi ke bank.


Adapun aplikasi TASPEN Mobile 2.0 yang merupakan salah satu channel TASPEN dalam melayani peserta bertujuan sebagai portal informasi bagi para peserta. Berbeda dengan versi sebelumnya yang bersifat satu arah, TASPEN Mobile 2.0 dirancang dengan dilengkapi fitur interaksi 2 arah antara peserta dengan TASPEN. (akn/ega)