Jalanan Ibu Kota Baru Naik-Turun, Jokowi: Arsitek Akan Senang

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 18 Des 2019 09:21 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Balikpapan - Kontur di lokasi ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur naik-turun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut arsitek sangat senang mendesain bangunan dengan kontur tersebut.

"Arsitek kalau ditanya jaminan mereka senang sekali dengan kondisi naik-turun seperti itu dibanding kalau hanya datar saja saya pastikan akan lebih senang kalau arsiktek, juga Sepaku dan Balikpapan dekat sekali," ujar Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).



Selain itu, Jokowi memproyeksikan IKN yang baru berkonsep green city. Jokowi sudah memerintahkan Menteri LHK Siti Nurbaya membangun kebun bibit.

"Saya sudah perintkahkan menteri kehutanan dibuat kebun bibit nursery 100 hektare membuat jutaan bibit di situ sehingga kawasan itu akan menjadi kawasan yang hijau dan penuh dengan oksigen, tidak ada polusi nggak ada limbah," ujar Jokowi.



Dalam waktu dekat, Jokowi ingin desain IKN yang baru sudah siap. Sehingga bisa segera dimulai tahapan membangun gedung-gedung di klaster pemerintahan l.

"Bulan Juni sudah rampung kemudian langsung dilakukan land clearing dan pembangunan infrsatruktur dasar sehingga kita harapkan tahun depan sudah mulai pembangunan gedung-gedungnya terutama akan diselesaikan untuk gedung-gedung pemerintahan lebih dulu," kata Jokowi.

"Sehingga klaster pemerintahan yang kita harapkan 2023 sudah bisa diselesaikan," imbuhnya.


Tonton juga Kontur Ibu Kota Baru Berbukit, Jokowi: Sangat Bagus :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/mae)