Mesin Waktu

Kisah Harold Holt, PM Australia yang Menghilang Misterius di Pantai

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 20:45 WIB
Foto: Harold Holt dan istrinya bersama dengan anak imigran Polandia (National Library of Australia)
Jakarta - Peristiwa menggemparkan Australia terjadi hari ini, 52 tahun yang lalu. Harold Edward Holt, sang perdana menteri negara yang dijuluki negeri kanguru itu tenggelam saat berenang di pantai. Tubuhnya tak pernah ditemukan.

Pada hari Minggu pagi yang nahas itu, Harold berencana bersantai di Pantai Cheviot yang terletak di negara bagian Victoria. Pantai ini letaknya tak seberapa jauh dari rumah pantai milih Harold di Portsea.


Dengan mengendarai sendiri mobil Pontiac Laurentian berwarna maroon, Harold pergi bersama seorang perempuan bernama Marjorie Gillespie. The Sydney Morning Herald menyebut keduanya punya afair yang baru belakangan diketahui publik Australia.

Sementara di mobil lainnya ada saudara perempuan Marjorie, Vyner beserta dua kawan prianya Martin Simpson dan Alan Stewart. Harold meninggalkan Portsea tanpa ditemani pengawal pribadi.

Sebelum ke pantai, Harold menuju Fort Nepean, sebuah benteng tua untuk melihat Alec Rose, orang Inggris yang sedang berlayar keliling dunia. Alec melintas di laut lepas depan benteng itu untuk berlabuh di Port Phillip Bay.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3