PKB Siap Bantu Gerindra Galang Interpelasi Gubernur Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 17:05 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (APPSI)
Padang - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap membantu Gerindra menggalang dukungan untuk memuluskan langkah interpelasi terhadap Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. Wacana interpelasi ini karena Gubernur Sumbar dianggap sering melakukan perjalanan luar negeri.

"Sepanjang Gerindra komit dan menandatangani (dukungan) interpelasi, PKB siap. Kami akan bersama-sama. Bahkan kami juga siap menggalang dukungan dari partai-partai lain," kata Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Bangso kepada detikcom, Selasa (17/12/2019).


Menurut Febby, apa yang dilakukan Gerindra merupakan hal yang baik dalam menangkap keresahan yang terjadi di masyarakat. Menurutnya, hak interpelasi memang melekat di anggota Dewan.

"Ini kan sah-sah saja. Hak bertanya digunakan oleh anggota Dewan. PKB mendukung apa yang dilakukan Gerindra, kalau itu menjadi keresahan banyak pihak," kata Febby.

"Harus dibedakan antara interpelasi dan impeachment. Ini hak bertanya, tinggal dijawab saja. Kalau memuaskan dan meyakinkan, maka tidak akan ada masalah (lanjutan)," tambah dia.


Dalam persoalan interpelasi ini, kata Febby, yang diperlukan adalah kesamaan partai politik dalam melihat persoalan.

"Kita punya pengalaman di mana hak angket tentang Dana Hibah Safari Dakwah PKS pernah gagal terlaksana. Padahal sudah (mau) sampai ke paripurna. Artinya, hal itu jangan sampai terulang. Harus satu pemikiran dulu. Interpelasi ini harus menjadi pemikiran bersama dulu, katanya.

Selain PKB, sebelumnya Demokrat telah menyampaikan dukungannya. (gbr/gbr)