Kisah Masjid di Las Vegas yang Menginspirasi Orang Jadi Mualaf

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 16:43 WIB
Kisah Masjid di Las Vegas yang Menginspirasi Orang Jadi Mualaf. Foto: istock
Jakarta - Masjid Ibrahim di Las Vegas membuat Fatima Motti yang awalnya non muslim menjadi pemeluk Islam. Berawal dari mimpi Sharaf Haseebullah masjid ini dibangun. Seperti apa kisahnya?

Sekitar tahun 2013 lalu, Sharaf Haseebullah, -kini berusia 74 tahun-, mempunyai sebuah mimpi: membangun masjid di Las Vegas, Amerika Serikat. Mimpi yang agak janggal awalnya. Maklum, dia hanyalah seorang imigran di Negeri Paman Sam tersebut.



Tak dinyana, mimpinya bisa terwujud 3 tahun kemudian. Tepatnya pada 2016 masjid yang dia impikan benar-benar berdiri. Masjid itu diberi nama Masjid Ibrahim. Tak kurang dari USD 3 juta atau sekitar Rp 41 milyar telah dia keluarkan untuk proyek masjid ini.

Sharaf Haseebullah menjadi wanita pertama yang mendanai pembangunan masjid di Las Vegas dengan uang pribadi. Dia pun sangat bersyukur dan berharap bisa meninggal dunia dengan Husnul Khotimah. "Misiku tercapai. Sekarang aku berharap Allah akan memberikan ku kematian yang baik," kata dia seperti dikutip aboutislam.net.


Masjid Ibrahim dibuka pada Januari tahun 2016. Masjid Ibrahim adalah salah satu dari sedikit masjid yang melayani sekitar 10.000 hingga 20.000 Muslim di kota itu. Shamsuddin Waheed, pimpinan jemaah di Toledo, Ohio mengatakan selama tiga tahun terakhir masjid ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari komunitas Muslim di Las Vegas.

"Masjid Ibrahim menawarkan tempat perlindungan," kata Waheed, yang selama setahun terakhir telah bekerja dengan Haseebullah.


"Kehidupan modern bisa membuat kita stres dan berkecil hati. Namun tempat ini menjadi rumah untuk menyembah Tuhan (Allah SWT) dan bisa menjadi cahaya dunia," jelasnya.


Masjid Ibrahim membuat Fatima Motti yang awalnya non muslim menjadi memeluk Islam. Motti yang mengalami cacat pada kakinya bertahun-tahun menjelajah negara untuk mencari makna dalam kehidupan. Dia bekerja sebagai penari, pegulat, hingga menjadi Sun Dancer dengan Bangsa Lakota.

Dan bertahun-tahun itu pula, Motti tak pernah menemukan apa yang dia cari. Dalam dalah satu tidurnya, dia bermimpi melihat sebuah masjid bernama Masjid Ibrahim. Maka datanglah dia ke masjid yang dibangun Sharaf Haseebullah tersebut.


Di Masjid Ibrahim inilah akhirnya Motti menemukan makna kehidupan, sesuatu yang dia cari bertahun-tahun lalu. Dia datang ke Masjid Ibrahim setiap hari Jumat.

"Tempat ini menyelamatkan hidupku. Aku diserang oleh setan dan kemudian bertaubat. Aku datang ke sini untuk belajar Islam lebih dalam. Aku datang kesini untuk mendapatkan ketenangan dan menemukan cahaya," kata Motti.

Pusat Penelitian Pew, di Vegas menyebut Muslim di Vegas hanya sebanyak 1 persen dari 322 juta populasi Amerika. Seri Lima bagian The Los Angeles Times tentang Islam di Nevada Selatan memperkirakan populasi Muslim di Las Vegas ada sekitar 10.000 dan para pemimpin komunitas Muslim setempat meningkat angkanya menjadi 18.000 di tahun 2007.

Di Vegas Muslim hanya memiliki lima masjid yang mencakup pusat informasi publik yang sering dikunjungi oleh pengunjung Muslim kota.

Nikmati artikel-artikel konten Islami Hikmah lainnya di sini.



Tonton juga Polisi Pastikan Tak Ada Ledakan di Dekat Masjid Istiqlal :

[Gambas:Video 20detik]



(lus/erd)