Mesin Waktu

Buku Biru, Proyek Rahasia Angkatan Udara AS Menyelidiki UFO

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 15:27 WIB
Foto: Tangkapan layar video penampakan UFO pilot AL Amerika Serikat (ist)
Jakarta - Tepat hari ini, setengah abad yang lalu sebuah operasi Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dengan nama Proyek "Buku Biru" disetop. Proyek yang menyelidiki keberadaan UFO itu berhenti setelah berjalan selama kurang lebih 17 tahun.

"Buku Biru" merupakan operasi ketiga USAF terkait UFO. Operasi pertama digelar awal 1948 diberi nama "Sign". "Sign" dijalankan mengikuti laporan penampakan "piring terbang" pada 24 Juni 1947 di dekat Gunung Rainier, Washington.



Kenneth Arnold, seorang pilot amatir yang menyaksikan objek "piring terbang" itu memberi kesaksian benda berbentuk pipih tersebut melaju dengan kecepatan lebih dari 1000 mil per jam.

Proyek "Sign" yang dipegang Divisi Intelijen Teknik dari Air Material Command USAF kemudian diberi tugas mengumpulkan, menyusun, mengevaluasi, dan mendistribusikan semua informasi dalam pemerintahan terkait sejumlah penampakan UFO.

Operasi yang bermarkas di Pangkalan Udara Wright-Patterson, Ohio itu berjalan dengan asumsi awal bahwa UFO itu benar-benar nyata dan memiliki keterkaitan dengan keamanan nasional Amerika Serikat.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3