Heboh Interpelasi, Gubernur Sumbar-Istri Anggap Andre Rosiade Adik Sendiri

Sultan Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 14:41 WIB
Foto: Andre Rosiade - Irwan Prayitno (Dok. detikcom)
Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno bicara soal hubungannya dengan Ketua DPD Sumbar Andre Rosiade yang menginisiasi penggunaan interpelasi di DPRD Sumbar. Irwan mengaku menganggap Andre bak adik sendiri.

"Saya dengan isteri saya dan Andre Rosiade itu sudah saya anggap adik, karena sudah kenal lama," kata Irwan di acara Launching Rencana Merger Bank Perkreditan Rakyat di Sumatera Barat, Selasa (17/12/2019).


Irwan mengenal Andre sebagai aktivis. Di periode puncak pergerakan reformasi, tutur Irwan, Andre sering mampir ke ruang kerjanya di DPR.

"Dari tahun 1999 saya jadi anggota DPR, dia (Andre, red) itu mahasiswa Trisakti. Demo ke DPR, mampir ke kamar kerja saya. Itulah, dia yang sudah kenal, dan mungkin isteri saya melihat karena dekat," ujar Irwan.

Irwan menjelaskan hubungannya dengan Andre dalam konteks meluruskan salah paham terkait chat istrinya yang viral. Dia menegaskan istrinya tak mengancam Andre.


Istrinya, kata Irwan, hanya ingin meluruskan komentar Andre yang salah. Andre, kata Irwan, membelokkan fakta bahwa dirinya ditegur Kemendagri karena ke luar negeri di grup WA. Padahal, yang benar, masih kata Irwan, dirinya ditegur Kemendagri karena tak ada di tempat saat Komisi II DPR berkunjung. Lebih jauh soal teguran itu, dia mengatakan sudah mengantongi izin Kemendagri untuk tak berada di Sumbar saat Komisi II DPR datang.

"Bukan ancaman. Bahasa itu perumpamaan, jangan dijadikan itu... Semangatnya itu kan komentar Andre itu nggak cocok antara posting dan komentar. Janganlah gaya LSM. Orang jadi marah, nah Pak Gub ini punya pendukung. Jadi marah. Nah, wajar kan? Karena yang diomongin nggak bener. Kalau diomongin bener, ya nggak perlu marah," ujarnya. (tor/tor)