Orang Utan Bon Bon yang Diselundupkan WN Rusia Tiba di Medan

Ahmad Arfah Lubis - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 11:30 WIB
Foto: Ahmad Arfah Lubis-detikcom/Orang utan Bon Bon yang diselundupkan WN Rusia tiba di Medan
Medan - Satu ekor orang utan yang dipindahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali sampai di Medan. Orang utan bernama Bon Bon ini dititipkan kepada BKSDA Sumut untuk direhabilitasi.

Pantauan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Bon Bon tiba didampingi petugas dari BKSDA Bali dan Taman Safari Bali sekitar pukul 10.00 WIB. Orang utan Bon Bon sampai di Medan dalam keadaan sehat.

"Kita translokasi ke Medan, kami juga sudah uji DNA ke Puslit Biologi LIPI, hasilnya kesimpulannya Bon Bon ini identik dengan orang utan Sumatera," ujar Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Bali, Fathur Rachman di Bandara Kualanamu, Selasa (17/12/2019).




Orang utan Bon Bon yang diselundupkan WN Rusia tiba di MedanOrang utan Bon Bon yang diselundupkan WN Rusia tiba di Medan Foto: Ahmad Arfah Lubis-detikcom



Sementara itu, Kepala BKSDA Sumut Mustafa Imran Lubis, menjelaskan Bon Bon akan dibawa BKSDA Sumut untuk direhabilitasi.

"Usia Bon Bon sekitar 2 sampai 3 tahun. Ini dilakukan translokasi dari balai KSDA Bali, selanjutnya orang utan ini akan melalui proses rehabilitasi di SOCP Batu Melinda (Deli Serdang)," jelas Mustafa.

Orang utan Bon Bon yang diselundupkan WN Rusia tiba di MedanOrang utan Bon Bon yang diselundupkan WN Rusia tiba di Medan Foto: Ahmad Arfah Lubis-detikcom



Bon Bon adalah orang utan sitaan dari upaya penyelundupan yang berhasil digagalkan oleh AVSEC Ngurah Rai pada 22 Maret 2019. Berdasarkan pemeriksaan, diketahui orang utan akan diselundupkan ke Vladivostok, Rusia.

Penyelundup Bon Bon bernama Andrei Zhetkov sebelumnya divonis 1 tahun penjara. Saat diamankan, Andrei membawa Bon Bon dalam keadaan tidak sadar.




Miris! 3 Anak Orang Utan Dibuang di Tepi Jalan Pekanbaru:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)