PKB Terima Pendaftaran 5 Cagub Sulteng, Termasuk Pasha

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 17 Des 2019 09:07 WIB
Ahmad Iman (Foto: Dok. Istimewa)
Palu - PKB mengatakan ada lima orang yang sudah mendaftar sebagai bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng). Salah satunya adalah Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said atau Pasha 'Ungu' yang juga sudah menyatakan siap maju di Pilkada Sulteng.

"Kita masih terus lakukan penjaringan. PKB terbuka kepada semua calon, termasuk Pasha. Pasha juga sudah mendaftar di DPW PKB Sulteng. Sejauh ini sudah ada 5 cagub yang daftar, termasuk Pasha," kata Ketua DPP PKB Ahmad Iman, Senin (16/12/2019).



Dia mengatakan saat ini semua nama masih digodok di internal PKB. Selain itu, PKB juga bakal membuat survei untuk memetakan kekuatan masing-masing calon. Sebagai informasi, PKB punya empat kursi di DPRD Sulteng.

"Semua lagi digodok, termasuk mana yang lebih bagus visi misinya termasuk yang terpenting elektabilitasnya," ucap Iman.

Pasha sebelumnya menyatakan siap maju di Pilgub Sulteng. Namun, dia menegaskan parpol menjadi penentu untuk maju karena masih dibutuhkan koalisi di Pilgub Sulteng.



"Perlu kita ketahui bersama bahwa urusan Pilgub domainnya kan adalah domain partai apalagi dengan kebutuhan 9 kursi yang menjadi untuk persyaratan utama Pilgub bukan hal yang mudah untuk kita kondisikan," kata Pasha.

Selain Pasha, sejumlah nama juga menyatakan siap maju di Pilgub Sulteng dengan mendaftar ke berbagai parpol. Misalnya, Sekda Sulteng, Hidayat Lamakarate, eks Wali Kota Palu Rusdi Mastura, eks Bupati Morowali Anwar Hafid dan Nurmawati Dewi Bantilan anggota DPD RI 2 periode. (haf/haf)