Mesin Waktu

Isu Miring di Balik Karya Besar Beethoven

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 16 Des 2019 18:25 WIB
Foto: Ilustrasi Ludwig van Beethoven (Getty Images)

Saat usia 10 tahun, Beethoven keluar dari sekolah formal. Dia lalu masuk Christian Gottlob Neefe untuk belajar musik. Dalam usia 12 tahun, anak pertama dari tiga bersaudara itu menerbitkan komposisi pertamanya.

Ketika Kaisar Romawi Joseph II wafat pada 1790, Beethoven yang belum genap berusia 20 tahun mendapat kehormatan untuk menyusun komposisi musik untuk konser penghargaan pada kaisar.



Namun komposisi itu tak jadi dipentaskan dengan alasan yang kabur. Baru seabad kemudian komposisi yang diberi judul Cantata on the Death of Emperor Joseph II itu diakui sebagai karya agung Beethoven yang paling awal.

Setelah ayahnya wafat karena penyalahgunaan alkohol, Beethoven bersama dua adiknya pindah ke Wina, Austria. Di kota itu, dia berguru pada sejumlah musisi kenamaan saat itu seperti Joseph Haydn dan violis Ignaz Schuppanzigh.

Di kota Wina itu juga karir musiknya bertumbuh pesat. Sejumlah komposisi yang digolongkan karya agung lahir dari tangannya. Namun seiring waktu kesehatannya menurun drastis.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4