Sekda hingga Eks Bupati Daftar Bakal Calon Pilgub Sulteng ke Gerindra

M Qadri - detikNews
Senin, 16 Des 2019 17:49 WIB
Ilustrasi Pilkada (Dok. Detikcom)
Palu - Sebanyak empat orang mendaftarkan diri dalam seleksi bakal calon gubernur Sulawesi Tengah ( Sulteng) ke DPD Gerindra Sulteng. Mereka yang daftar mulai dari Sekda Pemprov Sulteng hingga mantan bupati.

Keempat pendaftar Pilgub Sulteng ke DPD Gerindra Sulteng yakni Sekda Sulteng M Hidayat Lamakarate, eks Wali Kota Palu Rusdi Mastura, eks Bupati Morowali Anwar Hafid dan Nurmawati Dewi Bantilan anggota DPD RI 2 periode.

"Kita belum punya syarat khusus untuk bakal calon yang akan diusung, walaupun 4 nama yang sudah mendaftarkan diri di Partai Gerinda memiliki kemampuan elektabilitas yang sangat kuat. Kita punya ketua DPD itu adalah yaitu Gubernur Sulteng dua periode, tentunya dia lebih paham secara persis siapa nanti yang akan diusung untuk bisa melaksanakan fungsinya sebagai kepala daerah," ujar Ketua Badan Seleksi (Bansel) DPD Gerindra Sulteng, Stivan Sandagang kepada wartawan, Senin (16/12/2019).


Stivan menyarankan agar para pendaftar bakal calon di Pilgub Sulteng menyiapkan bakal calon wakilnya, termasuk memetakan kekuatan kursi parpol untuk mengusung calon.

"Visi-misi masing-masing bakal calon kita sudah terima pada tahap pengembalian dokumen. Namun kita menyarankan untuk masing-masing segera mencari bakal calon wakilnya dan partainya untuk melengkapi Partai Gerindra. Masing-masing bakal calon harus menyiapkan kecukupan 9 partai, karena itu adalah 20% dari jumlah 45 kursi di DPRD Sulteng," sebut Stivan. (rvk/rvk)