Buka Munas Ke-21, Ma'ruf Minta PMI Perkuat Pendanaan-Relawan

Eva Safitri - detikNews
Senin, 16 Des 2019 17:44 WIB
Wapres Ma'ruf Amin membuka Munas ke-21 PMI. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka musyawarah nasional Palang Merah Indonesia (PMI) ke-21. Ma'ruf meminta agar jaringan kemitraan organisasi kemanusiaan ini terus dikembangkan untuk memperkuat pendanaan dan basis relawan PMI.

"Meskipun PMI selama ini telah memiliki kemampuan menjalin kemitraan, akan tetapi, dengan perubahan dunia yang semakin cepat, inovasi dalam pembangunan kemitraan dan jejaring perlu terus dikembangkan. Hal ini tidak saja untuk memperkuat sumber pendanaan bagi PMI tetapi juga untuk memperkuat basis relawan PMI," ujar Ma'ruf saat membuka acara, di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).


Ma'ruf juga berpesan agar PMI terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi mengikuti perkembangan zaman. Ma'ruf mencontohkan sistem crowd funding untuk pengumpulan dana.

"Saya juga memandang PMI perlu lebih mendorong pemanfaatan aplikasi teknologi untuk pengumpulan dana masyarakat, misalnya mekanisme seperti crowd funding atau bentuk lainnya. Pemanfaatan aplikasi teknologi juga dapat membantu rekrutmen relawan, serta memberikan edukasi masyarakat kepada masyarakat," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga meminta PMI gencar melakukan sosialisasi terkait kebencanaan. Hal itu menurutnya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengurangi risiko bencana.


"Peran PMI yang menurut saya juga perlu terus dilakukan dan diperkuat adalah membantu meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam hal mencegah serta mengurangi risiko dari sebuah bencana, serta membantu upaya perbaikan derajat kesehatan masyarakat, dengan memberikan edukasi dan menyampaikan pesan mengenai hidup sehat," jelasnya.

Dengan adanya musyawarah nasional ini, Ma'ruf berharap seluruh peserta terus berbenah untuk memperbaiki organisasi. Ma'ruf ingin PMI tetap menjadi organisasi yang terus berkembang sesuai visi dan misi.

"Di akhir sambutan ini, saya mengharapkan agar Munas PMI tahun 2019, dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus memperbaiki PMI sebagai organisasi kemanusiaan kebanggaan masyarakat Indonesia. Bagi seluruh peserta yang hadir dalam Munas PMI tahun 2019 ini, saya mengucapkan selamat mengikuti Munas PMI tahun 2019," tuturnya.


Simak Video "Ma'ruf Minta KPK Kerja Sama dengan Lembaga Antirasuah Negara Lain"

[Gambas:Video 20detik]

(eva/azr)