Cara Membuat Logo yang Mudah untuk Pemula

Sudiarto Putra - detikNews
Senin, 16 Des 2019 17:29 WIB
Cara membuat logo. Foto: iStock
Jakarta - Bagi sebagian orang mungkin membuat logo terasa sulit, padahal jika Anda sudah paham cara untuk membuat logo bisa dilakukan lebih mudah.

Logo merupakan identitas sebuah brand untuk publik, logo juga dapat membuat pengaruh bagi konsumen terhadap brand tersebut. Untuk membuat logo tentu tidak sembarangan, kita harus memahami betul secara detail logo yang akan dibuat. Mulai dari bentuk, garis, warna, jenis, dan makna logo yang dibuat.


Bagi para pemula mungkin tidak mudah untuk membuat logo. Untuk itu kami akan memberikan tips cara mendesain logo dan cara membuat logo dengan Photoshop.

Tips Dasar Sebelum Membuat Logo

1. Pahami Karakter Logo Produk

Sebelum membuat logo, pertama Anda harus memiliki gambaran untuk membuat logo tersebut. Logo bukan sekedar gambar biasa yang dibuat, logo merupakan identitas khusus untuk brand yang akan dipasarkan.

Contoh Logo dengan judul 'Vegan'.Contoh Logo dengan judul 'Vegan'. Foto: iStock

2. Memahami Dasar Pembuatan Logo

- Logo Sederhana, tujuan membuat logo sederhana agar dapat mudah dikenal, diingat, serba guna, dan tidak norak saat dilihat.

- Logo Mudah Diingat, desain logo sesuai dengan brand yang sedang dibuat.

- Logo dapat bertahan lama, hal ini harus sangat diperhitungkan. Tujuannya agar logo bisa bertahan dengan sekala waktu yang lama sehingga brand yang tercipta tidak berubah-ubah.

- Logo harus sesuai, sesuaikan logo dengan tujuan brand yang akan dibangun. Seperti mendesain logo untuk toko restoran, maka gambaran yang akan ditampilkan adalah makanan yang akan dijual.

3. Cari Referensi Logo

Hal ini wajib dilakukan tujuannya agar pembuatan logo yang akan dibuat lebih mudah setelah melihat referensi logo yang menarik dan kita bisa mengetahui logo mana yang terbaik dari seluruh brand terbaik.

4. Pelajari Software

Sebelum melakukan desain, sebaiknya kita pelajari software yang akan digunakan agar saat melakukan desain tidak kebingungan untuk melakukannya. Untuk desain logo yang menarik kita bisa menggunakan berbagai macam adobe seperti illustrator, adobe photoshop, dan corel draw.

Setelah Anda mengetahui tips untuk membuat logo diatas. Sekarang kita masuk pembahasan tentang cara membuat logo dengan photoshop. Berikut cara membuat logo dengan photoshop yang bisa Anda pelajari untuk membuat logo.

1. Buka Photoshop, Anda bisa menggunakan berbagai versi mulai cs3, cs4, cs5, dan cs6 sesuai yang ingin Anda gunakan, Kemudian buka Adobe Photoshop.

2. ketika Photoshop sudah tampil dilayar, silakan klik CTRL+N, untuk membuat layer baru.

3. Anggap kita membuat logo dengan menggunakan nama kita sendiri.

4. Pilih elliptical marquee tool yang terletak di pojok kiri menu photoshop, lalu tekan shift pada keyboard agar lingkaran yang dibuat berbentuk bulat secara sempurna.

5. Jika terlihat garis lingkaran putus-putus sudah tampil pada layer, kemudian klik kananpada garis lingkaran tersebut>pilih Stroke>setelah itu akan muncul kotak menu Stroke> atur warna dan ukuran sesuai yang diinginkan, jika sudah sesuai, tekan Ok. Jika lingkaran sudah tampil kemudian klik Ctrl+D untuk menghilangkan garis yang putus-putus dan membuat garis lingkaran yang sempurna.

6. Buat lingkaran kecil, cara membuat masih sama seperti cara sebelumnya. Buat lingkaran di dalam lingkaran besar.

7. jika lingkaran 1 dan 2 sudah selesai, kemudian buat tulisan brand yang ingin kita buat menggunakan Horizontal Type Tool. Seperti F M

8. untuk membuat teks (F M) satu persatu atau terpisah menggunakan Horizontal Type Tool. Agar teks mudah diatur sesuai dengan garis lingkaran.

9. Masukan huruf "F" di bagian kiri lingkaran yang sudah dibuat. Caranya membuat huruf tersebut dengan menekan Ctrl+T kemudian ubah Width menjadi 100%.

10. Kemudian masukan huruf M di bagian kanan lingkaran, cara yang dilakukan masih sama seperti cara sebelumnya.

11. Setelah semua proses selesai. Anda tinggal menyimpan projek tersebut dengan cara, Klik "Save As" kemudian save dengan format jpeg atau png.

Nah, jadi itulah cara untuk membuat desain yang bisa Anda pelajari. Setelah paham dasar membuat logo Anda bisa mengembangkan dengan cara melihat tutorial video membuat logo yang sangat menarik.




(lus/lus)