Mesin Waktu

Misteri Hilangnya 2 Napi Kabur dari Alcatraz Belum Juga Terpecahkan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 16 Des 2019 16:22 WIB
Foto: Bekas penjara Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat (Thinkstock)

Usai membongkar gerbang dengan peralatan yang diambil dari pabrik, mereka lompat ke pantai dari ketinggian sekitar 6 meter. Pencarian yang dilakukan selama beberapa hari tak berhasil menemukan jejak kedua napi itu.

Pimpinan penjara menyimpulkan keduanya hilang terseret arus. Kecepatan arus laut saat itu diperkirakan sekitar 7-9 knot. Perenang paling jago sekalipun akan terseret ke Samudera Pasifik. Kemungkinan lain ada perahu yang menjemput pun dinihilkan karena tebalnya kabut.



Berbagai rumor lalu muncul beberapa tahun setelah pelarian itu. Sebuah laporan dari koran San Francisco Chronicle pada 1941 menyatakan bahwa kedua pelarian itu tinggal di Amerika Selatan. Kebenaran cerita tersebut tak bisa dikonfirmasi. Sampai kini keberadaan Ted dan Ralph masih tertutup kabut misteri.

Pelarian Ted dan Ralph merupakan percobaan kedua sejak penjara yang juga dikenal dengan sebutan "The Rock" itu jadi penjara federal. Akhir April 1936, Joseph Bowers napi perampokan di California tewas ditembak penjaga setelah berusaha memanjat pagar kawat.
Halaman

(pal/fjp)