Mesin Waktu

Misteri Hilangnya 2 Napi Kabur dari Alcatraz Belum Juga Terpecahkan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 16 Des 2019 16:22 WIB
Foto: Bekas penjara Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat (Thinkstock)
Jakarta - Hari ini pada 1937, dua narapidana bernama Theodore (Ted) Cole and Ralph Roe yang ditempatkan di Penjara Alcatraz, Amerika Serikat kabur dari penjara dengan fasilitas keamanan super maksimum itu.

Ted Cole merupakan seorang terpidana mati dalam kasus perampokan bersenjata atas sebuah pabrik dan penculikan di Tulsa, Oklahoma. The Daily Times edisi 1 November 1929 melansir Ted Cole dijatuhi hukuman mati dengan kursi listrik saat usianya masih 17 tahun.


Karena muncul gelombang protes dari berbagai penjuru Amerika Serikat, terutama dari kelompok ibu-ibu dan pembela hak asasi manusia, hukuman atas penjahat yang dijuluki "Teddy the Terror" itu diperingan jadi penjara selama 50 tahun.

Sementara Ralph Roe terlibat dalam perampokan bank di Oklahoma. Ralph tertangkap setelah terlibat dalam kontak senjata dengan agen Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat pada Desember 1933. Keduanya dipindahkan dari penjara Leavenworth, Kansas ke Alcatraz pada 1936.

Alcatraz merupakan penjara federal yang terletak di sebuah pulau kecil di Teluk San Francisco. Karena besarnya biaya operasional, penjara akhirnya ini ditutup pada Maret 1963.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3