Merak Diprediksi Ramai di Libur Natal, Menhub Soroti Rest Area Trans Sumatera

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Senin, 16 Des 2019 15:16 WIB
Foto: Konferensi pers Kemenhub (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengaku diminta Menhub Budi Karya Sumadi untuk lebih memperhatikan rest area yang ada di Tol Trans Sumatera dari Lampung ke Palembang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

"Beliau menyampaikan kepada saya, sampai tadi malam masih banyak pesan beliau WA kepada saya, untuk diperhatikan jalan tol khusus Bakauheni sampai dengan Kayu Agung kemudian sampai Palembang menyangkut masalah rest area. Ini pasti akan membangkitkan banyak perjalanan sehingga potensi peningkatan penyeberangan Merak-Bakauheni kita prediksi akan meningkat cukup banyak," kata Budi Setiyadi di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).


Dia mengatakan Budi Karya juga akan memerhatikan aspek kesiapan dari Pertamina. Budi juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengamankan rest area yang berada di Tol Trans Sumatera.

"Nanti akan kita carikan waktu beliau akan melihat langsung bagaimana kesiapan dari sisi Pertamina, BBM, dan menyangkut masalah rest area dari Lampung sampai Palembang. Ini jadi perhatian khusus Bapak Menteri Perhubungan karena mungkin dari kesiapan rest areanya termasuk BBM-nya, termasuk kesehatannya, termasuk kesiapan petugas kepolisian dan aparat TNI untuk mengamankan rest area yang sepanjang Lampung sampai Palembang," ucapnya.

Budi Setiyadi lalu menjelaskan kesiapan dermaga terkait aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Menurutnya, ada 6 dermaga yang sudah siap digunakan saat Natal dan Tahun Baru 2019.


"Sedangkan dermaganya kita tahu semuanya sampai sekarang kita masih punya 6. Dermaga 4 masih dalam perbaikan tapi Lebaran insyaallah dermaga 4, walaupun sisi terminal daratnya belum kita sempurnakan insyallah sudah bisa dipakai. Jadi ada 7 dermaga di sana dan kapal kita untuk penyeberangan nanti yang siap ada 74. Ini dari sisi infrastruktur," jelas Budi.

Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub Pandu Yunianto menjelaskan lebih spesifik mengenai kesiapan Tol Trans Sumatera untuk libur Natal dan Tahun Baru. Dia menyebut ada 12 SPBU yang akan dioperasikan di sepanjang tol tersebut selama momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Dari hasil rapat koordinasi minggu lalu ya, Pak Menteri kan memberikan pengarahan. Kami kebetulan diskusi dengan teman-teman PP (Pembangunan Perumahan) dan Pertamina ini yang sudah siap, artinya siap itu dilengkapi dengan pelayanan SPBU itu sekitar 12 titik. Total kilometernya saya lupa ya, mulai dari Bakauheni sampai ke Kayu Agung. Dari 12 titik ini SPBU yang permanen 1, sementara yang 11 itu istilahnya modular tapi dia memberikan pelayanan," kata Pandu.




Tonton juga video Kategori Wilayah Rawan Macet di Puncak Natal dan Tahun Baru 2020:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(jef/gbr)