Batu Bara dan Buldoser Jatuh ke Laut di Kaltim Saat Diangkut Kapal Tongkang

Yovanda - detikNews
Senin, 16 Des 2019 14:06 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Kapal (Dok. detikcom)
Samarinda - Kapal tongkang pengangkut batu bara dan buldoser mengalami kecelakaan di Perairan Muara Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Muatan kapal tersebut tak seimbang yang berakibat batu bara dan buldoser yang diangkut jatuh ke laut.

Kejadian tersebut terekam ponsel salah satu awak tongkang, dan kemudian viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi pendek tersebut, terlihat sisi kiri kapal ponton tersebut jebol dan diikuti oleh tumpahan batu bara serta terceburnya salah satu alat berat, yakni buldoser, ke laut.

Plh Kasi Keselamatan KSOP Samarinda Kapten Herdi Setiawan mengatakan pihaknya sudah menerima laporan kejadian itu. Dia mendapat laporan kapal kecelakaan itu sejak Sabtu (14/12).

"Sudah dari Sabtu, laporannya masuk. Saat ini masih di masih dicek, dan dilakukan pemeriksaan. Wilayah hukumnya masuk wilayah kerja Muara Badak berarti Bontang," kata Herdi.


Menurutnya, kapal itu tidak ada kelebihan muatan. Hanya, tidak ada koordinasi yang baik antara petugas kapal dan petugas muatan.

"Berat beban muatan, semua normal. Hanya, komunikasi yang kurang baik antara petugas dozer dan petugas tongkang. Nanti itu yang kita periksa." jelasnya.



Tonton Video Admiral Kuznetsov Kapal Induk Rusia Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]



(rvk/rvk)