Polri Gelar Apel Aman Nusa II, Siap Terjunkan Personel Saat Bencana

Faisal - detikNews
Senin, 16 Des 2019 11:35 WIB
Foto: Apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II di Lapangan Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok. (Faisal-detikcom)
Foto: Apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II di Lapangan Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok. (Faisal-detikcom)
Depok - Polri menggelar Apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II bersama BNPB, Basarnas, hingga BMKG. Komandan Korps Brimob Polri Irjen Anang Revandoko menekankan jajarannya siap terjun ke lapangan jika terjadi bencana.

Hal itu disampaikan Anang dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Komandan Korps Brimob Brigjen Abdul Rakhman Baso dalam apel di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (16/12/2019). Anang merupakan Kaopsus Aman Nusa II.

Anang mengatakan wilayah Indonesia berada di antara dua benua dan di antara dua samudera serta dilalui garis katulistiwa sehingga menyebabkan rentan terhadap perubahan iklim dan cuaca. Posisi Indonesia juga berada pada garis tumpuan lempeng tektonik eurasia dan pasifik dan Indo-Australia serta letak geografis pada lingkaran cincin api gunung vulkanik.

"Hal ini sangat berpotensi terjadinya bencana antara lain, perubahan iklim yang ekstrem, gempa bumi tektonik vulkanik dan erupsi gunung berapi dengan dengan turunannya serta tsunami, banjir lahar dingin dan tanah longsor," kata Anang dalam amanat yang dibacakan Abdul Rakhman Baso.


Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada musim penghujan beberapa wilayah sering mengalami banjir, longsor, abrasi pantai dan cuaca ekstrem. Sedangkan pada musim kemarau sering muncul kebakaran hutan dan lahan.

"Bencana terjadi diakibatkan juga oleh masyarakat yang kurang sadar akan lingkungan dan minimnya pengetahuan pengolahan sumber daya alam sehingga mengakibatkan terjadinya bencana yang menyebutkan kerugian yang cukup besar," ujarnya.

Polri Gelar Apel Aman Nusa II, Siap Terjunkan Personel Saat BencanaFoto: Apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II di Lapangan Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok. (Faisal-detikcom)

Berdasarkan catatan BNPB, sejak Januari hingga November 2019 telah terjadi 2.829 bencana terdiri dari puting beliung, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, gempa bumi, gelombang pasang abrasi, hingga letusan gunung berapi.

"Menyikapi hal tersebut Polri beserta seluruh jajaran Mabes Polri, bekerja sama dengan BNPB, BNPP, BMKG dan TNI serta pemerintah beserta potensi lainnya melaksanakan kegiatan operasi kontijensi Aman Nusa II 2019 dengan membentuk satgas," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2