Laporan dari Madrid

Gerakan Perang Lawan Iklim dalam Sentuhan Film hingga Budaya

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Senin, 16 Des 2019 01:46 WIB
Foto: Nicholas Saputra (Mei Amelia Rahmat/detikcom)
Foto: Nicholas Saputra (Mei Amelia Rahmat/detikcom)
Madrid - Perubahan iklim global menjadi keprihatinan semua kalangan, termasuk artis. Salah satunya, artis Nicholas Saputra yang membuat pesan tersendiri soal perubahan iklim lewat film sentuhannya yang berjudul 'Seme7ta'.

"Film ini kita buat untuk menyentuh orang Indonesia, kita mau bicara soal lingkungan hidup, kita mau bicara soal climate change. Selama ini kan dengernya dari politisi, scientist, ambasador, dari birokrat, tapi saya ingin mencoba menyentuhnya dari yang paling dekat yaitu agama, kepercayaan dan budaya," jelas Nicholas.

Hal itu ia ungkapkan dalam presentasinya dalam sesi diskusi bertema 'Storytelling to Communicate Climate Crisis' di Paviliun Indonesia pada COP25 di Madrid, Spanyol, Kamis 11 Desember 2019.



Film dokumenter menurutnya merupakan cara terbaik untuk menggerakkan kepedulian masyarakat akan krisis iklim yang terjadi saat ini. Film menjadi salah satu strategi dalam berkomunikasi secara personal dengan penonton.

Dalam kesempatan itu, Nico, sapaan akrabnya, juga memutar trailer film tersebut yang akan ditayangkan pada 30 Januari 2020. Film tersebut menceritakan tentang perubahan yang dilakukan masyarakat di 7 daerah untuk mengembalikan iklim yang lebih baik.

"Misalnya ada satu keluarga di Jogja yang mengelola 3 hektare lahan yang tandus, sudah kering dan berbatu. Dia kelola, dia suburkan lagi untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan untuk peternakan, mempraktekan argoforestry yang semuanya tidak ada waste. Mereka makan dari kebun sendiri, ini sebuah gerakan prinsip yang bisa menjadi contoh praktek argokultur yang baik, ini berdasarkan iman islamnya beliau," tuturnya.



Nico yakin, lewat film tersebut bisa membuat perubahan bagi masyarakat untuk lebih menghargai alam dan lebih sadar akan perubahan iklim.

"Yakin, film sudah terbukti. Film itu no doubt, udah terbukti bisa membuat perubahan, mempengaruhi pemikiran orang dan suatu hal yang tidak perlu diragukan lagi," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2