Kemenhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Libur Nataru di Ambon

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Minggu, 15 Des 2019 17:09 WIB
Foto: Kementerian Perhubungan
Foto: Kementerian Perhubungan
Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan gencar melakukan persiapan jelang periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo meninjau langsung kesiapan posko angkatan laut di dua lokasi, yaitu di Pelabuhan Yos Sudarso dan Pos Pelabuhan Gudang Arang.

Dalam kunjungannya ini, Agus meminta kepada pihak pelabuhan agar segera mendeteksi jika ada kemungkinan lonjakan penumpang.

"Pihak pelabuhan harus segera mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila ada kemungkinan lonjakan penumpang agar penyelenggaraan angkutan Nataru ini dapat berlangsung dengan sukses," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (15/12/2019).

Selain itu, hal lain yang menjadi poin penting Agus dalam arahannya, adalah pengelolaan kapal tol laut dan perintis serta pengaturan alur barang dan biaya sehingga tidak memberatkan pihak manapun.


"Ke depan, sistemnya akan dikembangkan dengan teknologi untuk memberikan jaminan kepastian dalam pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan kepada insan perhubungan khususnya perhubungan laut agar mewaspadai pola penyelundupan narkoba melalui kapal-kapal kecil. "Waspadai peredarannya, tentunya dengan memperhatikan keselamatan pelayaran," tutur Agus.

Sebagai informasi, dimulainya gelaran Posko Nataru 2019 di Pelabuhan Ambon akan ditandai dengan apel siaga di Dermaga Yos Sudarso. Apel siaga pembukaan Posko Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru 2020 yang akan berlangsung pada Senin, (16/12/2019) besok sekaligus dirangkai dengan pelepasan peserta program mudik gratis perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku.

Kapal KM Sabuk Nusantara 72 merupakan armada pertama yang akan memberangkatkan 474 penumpang dalam program mudik gratis tersebut dengan rute Molu-Larat-Romean-Tutukembun-Saumlaki.


Kesiapan penyelenggaraan mudik gratis ini pun tidak luput dari perhatian Dirjen Agus, di mana dirinya juga berkesempatan untuk mengecek kondisi kapal yang akan digunakan dalam program ini.

Sebagai penutup, tidak lupa dia memberikan apresiasinya atas program mudik gratis ini. Dirinya juga menghimbau kepada seluruh komponen pelabuhan agar senantiasa menjaga kekompakan dalam memberikan pelayanan.

"Semua ini dapat berjalan dengan lancar apabila kita selalu menjaga kekompakan dan soliditas dalam pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.


Simak Video "Kategori Wilayah Rawan Macet di Puncak Natal dan Tahun Baru 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(ujm/ujm)