Round-Up

Loncat Indah Soekarwo: Tinggalkan SBY, Jadi Penasihat Presiden

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 21:03 WIB
Soekarwo (Andhika/detikcom)
Soekarwo (Andhika/detikcom)
Jakarta - Soekarwo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Mantan Gubernur Jawa Timur itu ternyata tak hanya mundur sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (PD), namun juga keluar dari partai pimpinan Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Pria yang akrab disapa Pakdhe Karwo tersebut diketahui sudah lama mengundurkan diri sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Ia mundur lantaran diberi amanah sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia.

"Tapi prinsipnya beliau melakukan pemunduran karena terpilih menjadi komisaris utama," ungkap Sekretaris DPD PD Renville Antonio di Surabaya pada 14 Agustus lalu.


Kabar mundurnya Pakdhe Karwo dari Demokrat sempat diiringi isu bahwa dia bakal menjadi menteri pada periode kedua Jokowi. Namun ternyata Soekarwo ditunjuk sebagai anggota Wantimpres, yang dilantik hari ini.

Pelantikan Dewan Pertimbangan Presiden dilakukan Jokowi hari ini, Jumat (13/12/2019), di Istana Negara, Jakarta Pusat. Soekarwo dilantik bersama delapan orang lainnya, yakni Sidarto Danusubroto (PDIP), Wiranto (eks Menko Polhukam/pendiri Hanura), Arifin Panigoro (pengusaha), Agung Laksono (Golkar), Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha), Dato Sri Tahir (pengusaha), M Mardiono (PPP/pengusaha), dan Habib Luthfi bin Yahya (ulama).

Jokowi punya alasan sendiri mengapa memilih sembilan anggota Wantimpres yang dilantik hari ini, termasuk Pakdhe Karwo. Menurutnya, para anggota Wantimpres ini memiliki keahlian di bidangnya.

Loncat Indah Soekarwo: Tinggalkan SBY, Jadi Penasihat PresidenPelantikan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jokowi. (Rengga Sancaya/detikcom)

"Ini kan di bidang masing-masing, ada berkaitan dengan sosial, keagamaan, Habib Luthfi, ekonomi misalnya Pak Dato Tahir, misalnya berkaitan dengan ekonomi kecil Bu Putri, ini campur-campur," kata Jokowi setelah melantik Wantimpres.

Ada total sembilan anggota Wantimpres yang dilantik Jokowi. Mereka memiliki latar belakang politikus, pengusaha, hingga pernah berkarier di militer. Wiranto ditunjuk sebagai Ketua Wantimpres.

"Tentu saja urusan rekam jejak, pengalaman di bidang masing-masing, urusan kapabilitas, integritas, saya kira semua. Dan beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden, baik diminta maupun tidak diminta," kata Jokowi.
Selanjutnya
Halaman
1 2