Kemendikbud Ingin Kenalkan Pencak Silat Lewat Film, Contohkan Bruce Lee

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 18:59 WIB
Konferensi pers di Kemendikbud. (Rahel/detikcom)
Jakarta - UNESCO menetapkan tradisi pencak silat menjadi salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ingin gerakan pencak silat dapat dikenal masyarakat melalui film.

"Kita berharap dengan adanya penetapan ini membuka jalan nih untuk workshop-workshop, jadi teman-teman film bisa ketemu dengan pesilat, bisa lihat, oh ini geraknya nih, dan kira kira nanti industri populer bisa berkembang," kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

"Kalau Bruce Lee, Jackie Chan bisa punya jurus yang sangat terkenal begitu, ya kenapa nggak, silat juga punya banyak jurus," sambungnya.


Hilmar mengatakan pencak silat punya banyak nilai kemanusiaan di dalamnya. Beberapa di antaranya sifat solidaritas dan pengendalian diri.

"Oh banyak dong. Solidaritas, kerja sama, tadi saya bilang ya manusia ini kan pada dasarnya punya impuls-impuls apa namanya yang sifatnya primordial. Yang membedakan kita sama hewan itu kan akal. Jadi impuls itu tetap ada tapi kan, dan harus dikendalikan dan pencak silat ini lah adalah satu tradisi yang membuat orang atau masyarakat bisa mengendalikan segala macam impulsnya dengan baik," jelas Hilmar.


Tonton juga Pencak Silat Indonesia dan Silat Malaysia Masuk Daftar UNESCO :


Selanjutnya
Halaman
1 2