Jelaskan Konsep Asesmen Kompetensi, Nadiem Analogikan Murid Berenang ke Pulau

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 18:15 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Rahel/detikcom)
Mendikbud Nadiem Makarim (Rahel/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan Ujian Nasional (UN) diganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Nadiem menjelaskan perbedaan antara kompetensi dan mengakses informasi.

Nadiem menyampaikan hal ini dalam acara diskusi soal 'Pendidikan Berbasis Standar: Sekarang dan Masa Depan' yang diadakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Hotel Century Park, Jalan Pintu Senayan Satu, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019). Dia pun memberikan analogi orang berenang saat menjelaskan konsep kompetensi yang ada dalam asesmen pengganti UN.



"Bayangkan kalau murid-murid kita itu harus berenang kepada suatu pulau. Saat ini untuk mengetes kemampuan dia berenang kepada pulau itu. Dia ditanya dan dilatih tahu nggak gaya katak seperti apa? Tahu nggak gaya bebas seperti apa? Air itu apa? Berenang itu apa?" tanya Nadiem kepada peserta.

Nadiem mengatakan saat ini sistem pendidikan Indonesia masih menggunakan metode demikian. "Itu adalah sekarang metodenya yang kita gunakan untuk mengetahui apa dia bisa berenang kepada pulau," ucap Nadiem.


Tonton juga Gaya Nadiem Jelaskan Konsep Pengganti UN ke DPR: Ngerti Ya, Bapak-Ibu? :


Selanjutnya
Halaman
1 2