Seputar Hidayah dan Cara untuk Mendapatkannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 17:31 WIB
Hidayah. Foto: iStock
Hidayah. Foto: iStock
Jakarta - Hidayah yang didapatkan seseorang dapat menuntunnya ke jalan yang benar. Lalu apa sih makna hidayah dan bagaimana cara mendapatkannya?

Hidayah adalah terbukanya hati untuk menerima Allah SWT dan lapangnya dada untuk meyakini kebenaran agama (Islam).



Dalam surah Al-An'aam ayat 125 Allah SWT berfirman


"Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam.."


Hidayah menjadi salah satu petunjuk Allah yang diberikan kepada hambanya sehingga terbuka menerima Islam. Allah berfirman:


"Maka, apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka, kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah, Mereka itu dalam kesesatan yang nyata." (az-Zumar: 22).


Hidayah tidak dapat dibeli, tapi ini adalah nikmat Allah yang hanya dianugerahkan kepada hamba-Nya yang dikehendaki-Nya. Seperti firman Allah SWT berikut ini:


"Sesungguhnya, kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk." (al-Qashash: 56)


Berikut beberapa hal yang bisa jadi jalan untuk mendapatkan hidayah:

1. Tobat

Tobat berarti berpindah dari hal yang kurang baik menuju ke kehidupan dengan penuh keimanan Allah SWT.


Allah SWT berfirman:

"Orang-orang kafir berkata, 'Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mukjizat) dari Tuhannya? Katakanlah, 'Sesungguhnya, Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan menunjuki orang-orang yang bertobat kepada-Nya." (ar-Ra'd: 27).


2. Ilmu

Ilmu tentang Allah dan Rasul-Nya yaitu ilmu Al-Qur'an dan As-Sunnah bisa mendatangkan hidayah bagi kita.


3. Iman

Kita harus percaya dan yakin akan kebenaran iman dan rukun iman. Kepercayaan inilah yang akan memudahkan tercapainya hidayah. Allah berfirman,

"Kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya..." (at-Taghaabun: 11).


4. Berpegang Teguh kepada Agama Allah

Kita harus memegang erat agama Allah dan bertawakal kepada-Nya. Dengan kita tetap mengingat Allah dan menjalankan kewajibannya tentu Allah pun akan selalu mengingatkan kita.


Cara Allah memberikan hidayah pun bermacam-macam. Pastikan selalu mengingat Allah SWT dan Allah pun akan selalu menuntun umatnya dalam kebaikan.



(lus/erd)